Selasa, 19 Desember 2017

Unsur Penting Video Gaame


 


Video game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh peranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan  misalnya skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Kata "video" pada "permainan video" pada awalnya merujuk pada peranti tampilan raster.[1] Namun dengan semakin dipakainya istilah "video game", kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada peranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.

Tahu kah anda bahwa video game bukan hanya sekedar video dan permainan saja, tetapi video game itu erat kaitannya dengan Graphics, Storyline, Challenge, Misssion, Action, Science, Effect dan Music. Unsur - unsur tersebut menjadi unsur penting dalam sebuah indusrtri game untuk bersaing di pasaran karena, menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa player (pemain game) lebih bersemangat untuk memainkan game nya jika game tersebut memiliki grafik yang bagus, memiliki alur cerita yang jelas dan menarik serta aksi yang mengagumkan di iringi dengan musik yang pas dengan setiap aksinya. Hal tersebut yang membuat developer game saling berlomba untuk membuat sebuah game yang dapat diterima oleh banyak orang, seperti peningkatan pada kualitas grafik, peningkatan pada kualitas Alur cerita dan banyak lagi yang di lakukan oleh developer untuk menarik minat orang agar memilih memainkan game buatan mereka, sehingga mereka dapat keuntungan yang banyak dari hasil penjualan game tersebut.

Lalu mengapa para player lebih tertarik pada unsur game seperti Graphics, Storyline, Challenge, Misssion, Action, Science, Effect dan Music?

Graphics




Graphics (Grafik) adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu yang bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan pada orang yang melihatnya. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan grafik dalam sebuah video game adalah memberikan sebuah kesenangan, keindahan dan kepuasan kepada pemain sehingga pemain dapat terhibur.

Bayangkan jika di dalam video game tidak memiliki grafik yang bagus, bagi sebagian orang pasti tidak akan menyukai game tersebut, tapi ada sebagian orang yang menyukai game dengan kualitas grafik yang rendah, tapi apakah dengan grafik yang rendah kita dapat membedakan banyaknya item serta detail - detail yang menunjang di dalam game yang jumlahnya tidak sedikit? tentu kita tidak bisa membedakan hal tersebut. Dengan alasan tersebut grafik sangat lah penting dalam sebuah video game tidak hanya sebagai hiburan bagi pemain, namun juga sebagai pembeda suatu item dengan item lainnya. Contoh, di dalam game kita disuruh untuk menemukan sebuah ikan dengan warna merah dengan garis biru di siripnya, dengan grafik yang bagus kita dapat membedakan banyak warna tentu hal tersebut sangatlah mudah untuk menemukan ikan tersebut, tetapi dengan grafik yang rendah apakah kita dapat menemukanya ? apalagi kita mengingat bahwa warna ungu hampir sama dengan warna biru.

Storyline



Storyline (alur cerita) merupakan rangkaian tahapan jalannya suatu peristiwa berdasarkan hubungan sebab-akibat antar suatu peristiwa. Tujuan dibuatnya alur cerita di dalam suatu video game tidak lain adalah agar permainan tersebut terlihat menarik sekaligus menunjukkan bagaimana permainan tersebut di mulai, di akhiri dan konflik apa saja yang terjadi di dalam game. Kemudian, cerita tersebut di susun secara teratur dan jelas, sehingga player mengerti jalan ceritanya layaknya membaca sebuah novel di dalam game.

Jika alur ceritanya tidak jelas, player pasti akan bertanya-tanya apa sih yang sebenarnya terjadi di dalam game ini? kenapa kita harus melakukan ini? pertanyaan tersebut tidak akan di lontarkan pemain jika alur cerita di dalam game dapat di mengerti oleh player. Lalu alur cerita yang baik itu seperti apa ? alur cerita yang baik adalah yang jelas urutan ceritanya kemudian,  memilih cerita yang menarik sehingga player penasaran dengan jalan ceritanya kemudian, memberikan kesan pada cerita sehingga dapat membekas di ingatan player dan terakhir adalah memberikan pelajaran (edukasi) kepada player tentang peristiwa yang terjadi di dalam game.

Challenge




Challenge (tantangan) memberikan sebuah kesan menantang, memacu adrenaline dan memberikan kesulitan dalam permainan sehingga player sangat bersemangat dalam menyelesaikan sebuah misi. Dengan adanya tantangan dalam game memberikan dampak positif bagi player, diantaranya adalah
  • Meningkatkan kecerdasan player untuk menyelesaikan sebuah misi dengan tantang yang rumit. Di butuhkan sebuah strategi yang pas yang di lakukan oleh player untuk menghadapi sebuah rintangan seperti memasuki benteng musuh tanpa terlihat oleh penjaga dan menentukan strategi bertarung yang efektif untuk menghadapi pasukan musuh
  • Melatih kesabaran player, karena beberapa tantangan di buat untuk melatih kesabaran pemainnya. Contoh nya adalah saat player disuruh untuk melewati semburan api yang muncul dalam beberapa waktu, disini player harus bersabar dalam menunggu  hingga api yang menyembur berhenti sementara. 
  • Melatih konsentrasi pemainnya dalam menghadapi sebuah rintangan. Contoh nya adalah  saat player di suruh untuk menemukan beberapa item yang tersembunyi di balik semak-semak atau tersembunyi diatas pepohonan.

Mission




Mission (misi) merupakan bagian dari alur cerita, umsur ini sangat penting di dalam sebuah video game karena, unsur ini yang menentukan jalan cerita selanjutnya dan sebuah cerita dapat diakhiri. Selain menentukan alur cerita, misi di gunakan untuk memberikan reward (penghargaan) karena player telah melakukan apa yang telah di minta di dalam misi tersebut. Contohnya player di minta untuk mengumpulkan beberapa bunga yang ada di daerah tersebut jika player berhasil mengumpulkan bunga, maka player akan mendapatkan reward berupa uang yang dapat digunakan untuk membeli beberapa item di dalam game.

Misi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Main Mission (misi utama) dan Side Mission ( Misi sampingan). Misi utama dibuat dengan tujuan agar player dapat menyelesaikan game yang dimainkan, sedangkan misi sampingan di gunakan oleh player agar dapat mengumpulkan uang atau item yang di dapatkan di dalam sebuah misi sebagai reward, sehingga dapat menunjang misi utama.

Action




Action (aksi) di gunakan untuk membuat daya tarik dalam sebuah video game bagaimana cara sebuah karakter bergerak, berjalan, berlari, bertarung, memanjat, berenang, menahan serangan dan menghindari serang. Semakin banyak aksi yang dapat dilakukan oleh karakter, membuat player tertarik untuk memainkannya, namun aksi ini di usahakan agar berbeda dengan aksi yang ada di dalam video game lainnya.

Science




Science (sains) digunakan untuk membuat keadaan di dalam game serupa dengan keadaan yang terjadi di dunia nyata. Contoh penggunaan sains di dalam video game, jika berada di dalam dunia nyata di tembakkan keatas akan kembali lagi kebawah setelah mencapai batas ketinggiannya, begitu juga di dalam video game peluru tersebut harus kembali lagi kebawah setelah di tembakkan keatas persis seperti di dunia nyata. Science di gunakan agar game terlihat logis dan serupa dengan dunia nyata, sehingga dengan adanya science di dalam game membuat player secara tidak langsung juga mempelajari science di dunia nyata.

Effect




Effect (efek) Ilusi atau trik dari mata yang digunakan dalam film, televisi, teater, video game, dan industri simulator untuk mensimulasikan peristiwa yang digambarkan dalam cerita atau dunia maya. Efek bisa berupa apa saja, contoh nya adalah efek meledak akibat terbakarnya kotak mesiu di gudang persenjataan atau efek suara yang timbul akibat karakter berlari. Penggunaan efek di dalam sebuah video game memberikan gambaran kepada player tentang peristiwa yang terjadi di dalam game.


Music




Music (musik) di gunakan untuk memberi tahu kan player tentang suasana yang saat itu terjadi dalam sebuah peristiwa. Musik juga dapat mempengaruhi kondisi atau suasana hati dari player, seperti suasana menggembirakan, menegangkan, berhati hati, kesedihan dan banyak lagi suasana lainnya yang dapat di gunakan untuk memanipulasi suasana hati player sesuai dengan adegan yang terjadi saat itu.




SUMBER :

https://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_video
https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika
http://www.ilmudasar.com/2017/09/Pengertian-Fungsi-Unsur-dan-Tahapan-Alur-Cerita-adalah.html
http://bukuonlinestore.com/membuat-alur-cerita-menarik
https://student.cnnindonesia.com/inspirasi/20160806092917-454-149592/5-dampak-positif-bermain-video-games/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar