Sabtu, 23 Desember 2017

Genre Game (RPG, Petualangan, Simulasi, Strategi, Sandbox, Open World)

Peran




Permainan peran (Role-playing games) alias RPG, yaitu ragam permainan video yang menempatkan pemain sebagai tokoh dalam permainan tersebut untuk memecahkan suatu misteri dengan menyelesaikan berbagai macam puzzle dan quest. Ragam ini biasanya memiliki alur cerita yang kompleks dan para pemain pun harus mengikuti instruksi sesuai peran masing-masing untuk melanjutkan jalan cerita dalam game. Game RPG juga membuat tiap player bisa memilih custom characters sesuai dengan yang mereka inginkan. Dalam game RPG, biasanya juga tersedia fitur single player ataupun multiplayer. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Final Fantasy, Star Ocean, dan Suikoden. Semakin berkembangnya teknologi, game RPG pun di bagi jadi beberapa jenis seperti :

  • MMORPG
MMORPG merupakan singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Games. MMORPG merupakan kombinasi game RPG dan game massively multiplayer online dimana banyak pemain yang ikut berinteraksi dalam satu dunia virtual. Genre game ini menjadi salah satu yang paling digemari karena melibatkan ratusan bahkan ribuan pemain dari seluruh dunia dalam satu virtual world yang sama,

  • LARP
LARP merupakan singkatan dari Live Action Role Playing Games. LARP merupakan bentuk game RPG dimana tiap pemain secara langsung harus melakukan aksi untuk karakter masing-masing. Dalam hal ini artinya gerakan karakter juga dipengaruhi oleh gerakan pemain.

  • Tabletop RPG
Tabletop Role Playing Games merupakan jenis game RPG dimana peserta mendeskripsikan aksi karakter mereka melalui kata kata. Jenis game ini juga disebut sebagai pen-and-paper role-playing game. Pemain pun harus berimproviasi untuk menentukan alur dan arah game.

  • Forum RPG
Forum RPG atau juga disebut sebagai online text-based role-playing game merupakan jenis game RPG yang dimainkan secara online dengan berbasis teks. Terdapat beberapa pendapat yang menyatakan bahwa jenis ini merupakan bentuk dari video game RPG atau hanya komunikasi antar manusia melalui teks.


Petualangan




Permainan Petualangan (Adventure Game) merupakan salah satu genre game paling popule. Di dalam permainan petualangan ini kita akan melakukan petualangan dengan satu atau lebih karakter untuk menyelesaikan sebuah misi merupakan sudah di design untuk kita lewati. Di dalam permainan ini, pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan. Contoh permainan ini adalah Super Mario Bros, Resident Evil, Limbo, dan Ice Age Adventure.


Simulasi




Permainan Simulasi (Simulation Game) merupakan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mengenai suatu peristiwa nyata yang di buat dalam bentuk permainan. Misal nya permainan simulasi mobil, di dalam permainan tersebut kita dapat mengendarai mobil persis dengan yang ada di dunia nyata dengan kondisi kondis yang sama juga dengan dunia nyata. Contoh gamenya adalah The Sims, City Bus,  dan Euro Truck Simulator 2.


Strategi




Permainan Strategi merupakan permsinsn yang memberikan pemainnya atas kendali tidak hanya satu orang tapi minimal sekelompok orang dengan berbagai jenis tipe kemampuan, sampai kendaraan, bahkan hingga pembangunan berbagai bangunan, pabrik dan pusal pelatihan tempur, tergantung dari tema ceritanya. Pemain game strategi melihat dari sudut pandang lebih meluas dan lebih kedepan dengan waktu permainan yang biasanya lebih lama dan santai dibandingkan gameaction. Unsur-unsur permainannya biasanya berkisar sekitar, prioritas pembangunan, peletakan pasukan, mencari dan memanfaatkan sumberdaya(uang, besi, kayu,minyak,dll), hingga ke pembelian dan peng-upgrade-an pasukan atau teknologi. Game Strategi juga terbagi menjadi beberapa jenis seperti :

  • Real Time Strategy 
permainan yang berjalan dalam waktu sebenarnya dan serentak antara semua pihak dan pemain harus memutuskan setiap langkah yang diambil saat itu juga berbarengan mungkin saat itu pihak lawan juga sedang mengeksekusi strateginya. Contoh: Starcraft, Warcraft , dan Command and Conquer.

  • Turn Based Strategy 
Permaina yang berjalan secara bergiliran, saat kita mengambil keputusan dan menggerakan pasukan, saat itu pihak lawan menunggu, begitu pula sebaliknya, layaknya catur. contoh: Front Mission, Super robot wars, Final Fantasy tactics, Heroes of might and magic, Master of Orion.


Sandbox




Sandbox adalah genre game yang berseting disuatu daerah, jadi kita bertualang pada suatu map yang sudah disediakan, dan kita bebas menjelajahinya tanpa harus loading ketika berpindah kesuatu daerah, biasanya game-game yang seperti ini game yang paling banyak peminatnya apalagi kita biasanya disuguhkan dengan "kebebasan" seperti menaiki kendaraan, memasuki sebuah bangunan dan masih banyak lagi yang dapat di lakukan di game ini. Contoh game ini adalah Minecraft


Open World




Open World memiliki pengertian yang hampir sama dengan sandbox yaitu memberikan kebebasan pada pemainnya untuk menjelajahi dunia di dalam permainan, namun bedanya dengan sandbox di dalam game open world diberikan misi utama yang harus diselesaikan dan misi sampingan kepada pemain. Contoh permainan ini adalah GTA,






SUMBER :

https://homeofsiagian.wordpress.com/2012/03/07/adventure-game/
http://gamesetting.blogspot.co.id/2016/12/pengertian-game-rpg.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Genre_permainan_video
http://pelajarankitasemua.blogspot.co.id/2010/03/pengertian-dan-jenis-game-simulasi.html
https://gamebrott.com/rekomendasi-25-game-simulasi-yang-harus-kamu-coba
http://lutfiadam26.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dan-contoh-game-strategy.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar