Senin, 11 Desember 2017

Metode Akses Jaringan Ethernet


Metode Akses Jaringan merupakan suatu cara untuk membuat jalur lalu lintas data lebih terurut dan rapih agar tidak terjadinya tabrakan pada suatu data dengan data lainnya. Bayangkan jika lalu lintas data ini tidaak diberikan sebuah aturan, maka yang terjadi adalah tidak sampai nya suatu data ke tujuan karena bertabrakan dengan data lainnya yang juga memiliki tujuan yang sama. Ada banyak cara agar lalu lintas  data lebih teratur, diantaranya adalah :

CSMA/CD



CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access With Collision Detection) merupakan salah satu metode akses yang dapat merasakan atau mendeteksi komputer lain saat ingin mengirimkan sebuah paket data sehingga menghindari tabrakan dengan paket data lainnya. metode ini digunakan di dalam jaringan Ethernet half-duplex (jaringan Ethernet full-duplex menggunakan switched media ketimbang menggunakan shared media sehingga tidak membutuhkan metode ini). CSMA/CD merupakan metode akses jaringan yang paling populer digunakan di dalam jaringan lokal, jika dibandingkan dengan teknologi metode akses jaringan lainnya. CSMA/CD didefinisikan dalam spesifikasi IEEE 802.3 yang dirilis oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE).

Cara kerjanya adalah ketika sebuah computer A ingin mengirimkan sebuah paket data ke computer B, sedangkan computer C juga ingin mengirimkan paket data ke computer B, tetapi karena computer A terlebih dahulu mengirimkan paket maka, computer C harus menunggu hingga computer A tidak mengirim paket data, setelah itu computer C baru bisa mengirimkan paket data. Dengan metode ini kemungkinan terjadinya tabrakan antar paket data dapat di minimalisir.


CSMA/CA

CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Accesss With Collision Avoidance)metode ini digunakan di dalam jaringan dengan teknologi AppleTalk dan beberapa bentuk jaringan nirkabel (wireless network), seperti halnya IEEE 802.11a, IEEE 802.11b, serta IEEE 802.11g. Untuk AppleTalk, CSMA/CA didefinisikan dalam spesifikasi IEEE 802.3, sementara untuk jaringan nirkabel didefinisikan dalam IEEE 802.11.

Cara kerjanya adalah ketika sebuah computer A ingin mengirimkan sebuah paket data ke computer B, maka computer A mengirimkan sebuah paket berukuran kecil dengan kecepatan tinggi terlebih dahulu ke dalam lalu lintas data. Fungsi dari paket kecil ini adalah untuk memberikan intrupsi kepada seluruh computer bahwa computer A ingin mengirimkan data kepada computer B, jika intrupsi ini bertabrakan dengan intrupsi computer lain hal ini tidak menjadi maslah karena computer A dapat mengirimkan intrupsi lagi dengan kecepatan tinggi. Dengan metode ini kemungkinan terjadinya tabrakan antar paket data dapat di minimalisir.


Token Ring




Metode ini hampir sama dengan metode CSMA/CD dan CSMA/CA, tetapi bedanya adalah ketika paket data yang dikirim dengan metode token ring, paket data tersebut harus dikirim satu persatu tidak seperti CSMA/CD dan CSMA/CA yang dapat mengrimkan data secara bersamaan. Dengan adanya metode ini membuat tidak adanya tabrakan yang terjadi antar paket data di dalam suatu lalu lintas data. Karena metode token ring menggunkan topologi Ring yaitu sebuah bentuk perkabelan yang menghubungkan computer satu dengan computer lainnya hingga membentuk sebuah lingkaran, sehingga untuk mencapai computer yang bersebrangan dengan computer yang mengirimkan paket data, paket data harus melalui computer lain untuk mencapai tujuannya. Metode ini sangat sederhana, namun untuk jaringan yang lebih luas lagi, ini akan memakan waktu cukup lama untuk mengirimkan sebuah paket data.





SUMBER :

https://id.wikipedia.org/wiki/Media_Access_Control
http://site2207.blogspot.co.id/2009/08/metode-akses-jaringan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar