Jumat, 22 Desember 2017

Konsol permainan






Konsol permainan adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video (Video Game). Perangkat penampil grafiknya dapat berupa monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut joystick atau controller. Konsol permainan pertama kali dibuat Atari, kemudian dilanjutkan dengan Nintendo yang sempat merajai pasaran pada tahun 1985-1989. Konsol permainan modern saat ini antara lain adalah PlayStation buatan Sony dan Xbox buatan Microsoft. Konsol yang berdimensi kecil dan mudah dibawa ke mana-mana disebut konsol portabel, misalnya PlayStation Portable (PSP) yang dirilis oleh Sony pada tahun 2005, dan Nintendo DS yang diproduksi oleh Nintendo.

Berikut ini daftar perusahaan konsol permainan yang popular di Indonesia, diantaranya adalah :


Atari




Atari adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 1972, oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney yang mencetuskan Game Arcade, Konsol Video Games dan Komputer Pribadi.  Perusahaan tersebut merupakan pencetus konsol permainan pertama yang membuat game seperti Pong dengan konsol permainannya, yaitu Atari 2600. Atari 2600 adalah konsol permainan video pertama yang memopulerkan penggunaan kaset dan perangkat keras berdasar mikroprosesor yang berisi kode permainan, walaupun pada pertamanya Fairchild Channel F adalah konsol pertama, Atari 2600 adalah konsol yang paling dikenal.


Nintendo




Nintendo adalah sebuah perusahaan multinasional yang didirikan tanggal 23 September 1889 di Kyoto, Jepang oleh Fusajiro Yamauchi untuk memproduksi kartu-kartu buatan tangan hanafuda, yang digunakan untuk permainan kartu Jepang dengan nama yang sama. Setelah beberapa tahun, Nintendo menjadi sebuah perusahaan permainan video, dan tumbuh menjadi salah satu di antara yang terbesar dalam industri ini. Pada tahun 1985, Nintendo membuat sebuah konsol permainan video 8-bit yang di beri nama Nintendo Entertainment System atau NES. NES menjadi konsol permainan paling populer saat itu di Asia dan Amerika Utara dengan game yang terkenal seperti Bomberman, Sky Destroyer, Metal Gear, dan Megaman. NES membantu menghidupkan kembali industri permainan video setelah keruntuhan permainan video pada tahun 1983. Dan sejak saat itu, ninteendo membuat konsol lainnya seperti Game Boy, Super NES, Nintendo 64, Game Boy Color, Game Boy Advance. Game Cube, Game Boy Advance SP, Nintendo DS, Nintendo Wii, Nintendo 3DS dan yang terakhir Nintendo Wii U.



Sony




Sony adalah perusahaan elektronik yang berpusat di Tokyo, Jepang. Sekarang, Sony merupakan produsen elektronik terbesar di dunia, dan salah satu perusahaan terbesar di Jepang dan dunia. Awalnya sony membuat sebuah alat elektronik petama, yaitu sebuah penanak nasi pada tahun 1940. Seiring perkembangan jaman, Sony pun merambah bisnis konsol permainan dan membuat konsol pertamanya dengan nama PlayStation 1 (PS1). PlayStation adalah konsol permainan grafis dari era 32-bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. PlayStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi PlayStation". Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yang terkenal adalah: Suikoden, Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, wipEout, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal Gear Solid. Tak puas dengan konsol PS1, Sony terus membuat konsol permainan terbaru nya seperti PS2, PSP, PS3, PSVita, dan yang terakhir PS4.


Microsoft




Microsoft adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Microsoft mulai membuat konsol permainan pertamanya yang rilis pada tanggal 15 November 2001 di Amerika Utara dengan nama Xbox. Konsol ini bersaing dengan PlayStation 2, Dreamcast, dan Nintendo GameCube. Layanan Xbox Live yang terintegrasi memungkinkan pemain untuk bermain secara daring. Microsoft terus membuat konsol permainan terbaru nya seperti Xbox 360 yang memiliki fitur Kinect yang dapat membaca gerakan penggunanya kemudian, gerakan tersebut dapat di aplikasi kan kedalam game. kemudian, ada Xbox one yang juga memiliki Kinect dan juga dapat terhubung dengan internet.


Itulah daftar perusahaan yang terkenal dengan konsol permainannya di Indonesia dan macam - macam konsol yang pernah di buat oleh perusahaan tersebut. Untuk melihat kelebihan dari masing - masing konsol permainan dan teknologi yang digunakan untuk setiap versinya akan saya bahas di blog saya berikutnya.




SUMBER :

https://id.wikipedia.org/wiki/Konsol_permainan
http://www.beritaunik.net/techno/5-console-video-game-terkenal-di-indonesia.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Atari
http://masirul.com/sejarah-nintendo/
http://jagatplay.com/2015/10/features/30-game-nes-terbaik-sepanjang-masa/4/
https://id.wikipedia.org/wiki/Nintendo_Entertainment_System
https://id.wikipedia.org/wiki/PlayStation_(konsol)
https://id.wikipedia.org/wiki/Sony
http://teknologiraf.com/sejarah-dan-perkembangan-playstation-sony/
https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft
https://id.wikipedia.org/wiki/Xbox



Tidak ada komentar:

Posting Komentar