Sabtu, 09 Desember 2017

Protocol Pada Application Layer

HTTP



HTTP (Hypertexxt Transfer Protocol) merupakan protocol yang berfungsi untuk memformat paket data yang sudah ditentukan dan ditransmisikan menjadi sebuah data dengan format yang bias direspon oleh browser kemudian, browser tersebut menampilkan data tersebut.

 
FTP



FTP (File Transfer Protokol) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang men-support TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang request koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar-menukar file (upload dan download file).

Fungsi FTP server adalah sebagai berikut :
  1. Untuk men-sharing data.
  2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
  3. Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
  4. Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.


SMTP



SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah protocol pada jaringan internet yang berfungsi untuk mengirimkan pesan email agar tepat waktu dan efisien kepada client yang membutuhkan email tersebut dari server maupun dari client yang lainnya. Prinsip dasar dan prinsip utama dari penggunaan SMTP ini adalah bahwa terdapat sebuah email server yang bertugas sebagai penampung sementara surat elektronik, sebelum dikirmkan ke alamat email penerima. Ketika user akan mengirimkan sebuah surat elektronik, maka surat elektronik tersebut, yang dikirmkan oleh user akan menggunakan protocol SMTP kemudian, surat tersebut dikirim ke dalam email server untuk dicocokan dengan alamat email penerima. Ketika alamat email penerima sudah terdeteksi maka, surat elektronik atau email tersebut kemudian di kirimkan ke alamat email yang dituju dan pengirim akan memperoleh pemberitahuan bahwa email sudah dikirimkan ke alamat email (sudah sampai tujuan).


DNS



DNS (Domain Name System) adalah suatu system yang dapat menyimpan nama dari suatu komputer. Di dalam suatu jaringan, komputer  dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya untuk melakukan komunikasi terebut, user harus menentukan tujuan dari komunikasi tersebut, user harus tahu ip yang di gunakan oleh komputer tujuan, karena komputer bekerja berdasarkan angka dan manusia bekerja berdasarkan nama sehingga membuat user kesulitan dalam berkomunikasi lalu, diciptakan DNS yang dapat menyimpan sebuah nama dari ip komputer yang berbeda-beda. Tujuan dari DNS adalah :

  • Menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet.
  • Memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet.


RIP



RIP (Routing Information Protocol) adalah sebuah protokol routing dinamis yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Oleh karena itu protokol ini diklasifikasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGP). Protokol ini menggunakan algoritma Distance-Vector Routing. Protocol ini berfungsi untuk mentransfer informasi routing diantara router - router yang berlokasi pada jaringan yang sama. RIP hanya mampu mentransfer data hingga 15 hop, dengan kata lain protocol ini hanya dapat mentransfer data pada suatu jaringan yang memiliki maksimal 15 buah router, karena 1 router berarti 1 hop. RIP memiliki 2 versi yaitu : RIPv1 dan RIPv2.


SNMP



SNMP (Simple Network Management Protocol) adalah sebuah protokol yang dirancang untuk memberikan kemampuan kepada pengguna untuk memantau dan mengatur jaringan komputernya secara sistematis dari jarak jauh atau dalam satu pusat kontrol saja. Pengolahan ini dijalankan dengan menggumpulkan data dan melakukan penetapan terhadap variabel-variabel dalam elemen jaringan yang dikelola.




SUMBER :

http://www.yusaindera.com/2015/05/fungsi-simple-mail-transfer-protocol.html
https://habibahmadpurba.wordpress.com/2014/11/11/pengertian-dan-fungsi-domain-name-system-dns-server/
https://id.wikipedia.org/wiki/Routing_Information_Protocol
https://oktathea.wordpress.com/2011/11/15/pengertian-snmp-simple-network-management-protocol/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar