Kamis, 04 Januari 2018

Tips & Trik Mobile Legends : Grock



Grock adalah satu-satunya hero di Mobile Legends yang bisa mengubah bentuk lingkungan yang ada di sekitarnya dengan cara membangun tembok dengan menggunakan skill Guardian’s Barrier.
Karena kemampuannya tersebut, Grock menjadi tank yang paling ditakuti dan cukup sulit dikuasai. Karena salah-salah skill Guardian’s Barrier malah bisa jadi senjata makan tuan karena menghalangi pergerakan kamu atau rekan satu tim lainnya.


Intro

Jauh di dalam gunung di Land of Dawn, terdapat Benteng Kuno. Pemiliknya juga tidak diketahui, rumornya itu bisa jadi adalah keturunan Ras Legenda yang pernah berada di Land of Dawn. Katanya Ras ini lebih tua dari bumi ini sendiri, memiliki persamaan dengan alam, mereka bisa membangun koneksi yang sangat baik dengan alam, terutama Stone Titan. Batu besar yang ramah ini memiliki tubuh yang tahan dari serangan fisik, tetapi karena kemiripan dengan alam, mereka lebih memilih tidur dengan aman. Mereka sangat suka tidur yang membuatnya dapat berhibernasi lebih dari setengah tahun, tetapi ketika mereka terbangun, sangat susah kembali lagi untuk tidur. Suatu hari ketika Grock terbangun, dia menyadari bahwa dia seorang diri, Penjaga Benteng telah lama hilang. Dia memutuskan untuk mencari pemiliknya kembali, mencari tau ke seluruh Land of Dawn untuk menemukan informasi ke mana mereka berada, jadi mungkin mereka akan kembali ke Benteng Kuno itu.


Skill

  • Ancestral Gift


Saat Grock berdiri di dekat tembok atau turret, pergerakan Grock akan meningkat 10 persen. Sementara itu pertahanan fisik, ketahanan magic, dan regenerasi HP meningkat 26 hingga 180 poin. Efek dari Ancestral Gift ini akan berkembang seiring dengan level Grock.
Dengan adanya Ancestral Gift, Grock menjadi tank yang sangat sustain di lane yang dijaganya karena adanya efek regenerasi dan peningkatan pertahanan. Selain itu Grock tidak akan mengalami kesulitan untuk engage dan diengage dari petempuran karena penambahan kecepatan yang di dapatkan dari Ancestral Gift.
  • Power of Nature


Grock memutar senjatanya, menghsailkandamage dan memberikan efek slow bagi musuh ke lawan di sekelilingnya. Skill ini bisa dicharge untuk menambah damage.
  • Damage: 300/360/420/480/540/600 serangan fisik
  • Mana cost: 90/100/110/120/130/140 mana
  • Cooldown: 6 detik
  • Slow: 2 detik
Power of Nature merupakan damage source utama bagi Grock. Dengan adanya Power of Nature, Grock tidak akan mengalami kesulitan dalam urusan farming atau melakukan kill. Power of Nature memiliki area yang cukup besar sehingga bisa dipakai untuk menghantam beberapa target sekaligus.
Saat terjadi war, usahakan untuk menggunakan Power of Nature saat musuh sedang berkumpul, agar mereka memperoleh status slow dan damage secara bersamaan.
  • Guardian’s Barrier


Grock mengeluarkan gelombang kejut yang akan menimbulkan damage bagi musuh yang berada di area gelombang kejut tersebut. Setelah damage hilang, serangan tersebut berubah menjadi tembok batu yang akan bertahan selama 5 detik.
  • Damage: 300/330/360/390/420/450 serangan fisik
  • Mana cost: 80/85/90/95/100/105 mana
  • Cooldown: 14/13,4/12,8/12,2/11,6/11 detik
Guardian’s Barrier menjadi skill yang menjadikan Grock tank yang sangat unik. Dengan adanya Guardian’s Barrier, Grock bisa mengubah landscape yang ada di sekitarnya sehingga menguntungkan bagi Grock maupun rekan satu timnya. Tembok yang dibuat Grock tetapi dianggap sebagai tembok biasa sehingga Grock akan menerima semua bonus dan bonus damage ketika melakukan Wild Charge dan menabrak tembok tersebut.
Guardian’s Barrier sebaiknya diambil satu saja di awal permainan dan tidak diambil lagi hingga pada akhirnya mencapai level 6, 10, 13, 14 dan 15.
  • Wild Charge


Grock maju menerjang musuh dan memberikan serangan fisik pada siapapun yang berada di lintasanyan. Bila dalam proses melakukan Wild Charge Grock menabrak dinding, serangan tersebut akan memberikan damage fisik tambahan.
  • Damage: 300/400/500 serangan fisik
  • Damage tambahan: 600/800/1000 serangan fisik
  • Mana cost: 100/120/140 mana
  • Cooldown: 50/45/40 detik
Wild Charge merupakan salah satu skill inisiasi terbaik di Mobile Legends, selain itu skill ini juga bisa menjadi escape mechanism bagi Grock bila dibutuhkan. Bagian paling sulit dari menggunakan Wild Charge adalah memastikan kalau ada tembok yang bisa ditabrak oleh Grock. Tanpa tabrakan tersebut Wild Charge tidak akan mencapai damage maksimalnya.

Spell




Grock bisa menggunakan berbagai Battle Spell. Kamu bisa menggunakan Flicker untuk melakukan inisiasi, Healing Spell untuk meningkatkan durability, atau Petrify untuk mengunci satu target ketika dibutuhkan.

Emblem


Grock harus menggunakan Emblem Set Tank karena dia kurang tebal untuk ukuran tank sehingga membutuhkan tambahan Armor yang diberikan oleh Emblem Set tersebut.

Gear

Grock yang ada di panduan ini menitikberatkan pada durability, karena Grock bakal sering berada di tengah-tengah musuh, sehingga Gear yang dibuat rata-rata memiliki status tersebut.
  • Boots of Tranquility


Pada early game Grock harus mengoptimalkan regenerasi yang dimilikinya sehingga Gear Boots of Tranquility dianggap sebagai gear yang paling optimal bagi Grock. Dengan 720 gold Grock sudah mendapatkan 20 regenerasi HP dan mana. Selain itu Gear ini memberikan efek 10 persen peningkatan regenerasi yang dimiliki Grock sehingga bakal bersinergi dengan Ancestral Gift.
  • Blade Armor


Karena Grock bakal selalu berada di garis depan dia bakal sering menerima pukulan karena ukurannya yang besar. Untuk itu ada baiknya Grock menggunakan Blade Armor yang bakal mengembalikan 25 persen damage yang dia terima menjadi serangan fisik bagi penyerangnya.
  • Dominance Ice


Grock agak sedikit miskin mana karena itu Dominance Ice bakal memberikan tambahan mana yang dibutuhkan Grock di mid game. Selain itu efek Artic Cloud yang akan melambatkan pergerakan lawan akan bersinergi dengan skill Power of Nature. Jadinya setiap kali Grock melambaikan senjatanya, musuh akan mendapatkan tambahan lima persen efek lambat.
  • Immortality


Sesuai dengan namanya, Immortality akan memberikan kesempatan kedua bagi siapapun yang memilikinya. Immortal Resurrection akan membangkitkan Grock sekali lagi dengan 15 persen HP dan shield yang mampu menyerap 300 hingga 1000 damage. Shield tersebut akan bertahan selama tiga detik, sedangkan skill Immortal Resurrection memiliki cooldown 180 detik.
Berbeda dengan hero lainnya yang biasanya mengambil Immortality belakangan, Grock malah harus memiliki Gear ini di mid game. Alasannya karena Grock selalu berada di garis depan dan menjadi inisiator bagi tim, sementara itu Grock sejatinya tidak membutuhkan banyak Gear karena dia lebih mengandalkan ability effect ketimbang damage tambahan.
  • Demon’s Advent


Demon’s Advent menjadi pilihan Grock karena pada late game sudah banyak hero yang bisa memberikan damage serius bagi Grock. Untuk itu dia membutuhkan Deter yang bakal mengurangi 18 persen attack power yang dimiliki musuh selama 2 detik.
Dengan adanya Demon’s Advent, Grock bisa bertahan sedikit lebih lama di tengah-tengah war. Status bawaannya berupa 920 HP, 50 armor dan 30 HP regen juga tidak terlalu buruk untuk Gear di late game.
  • Bloodthirsty King


Memang Gear ini hanya akan memberikan 1550 HP, tetapi setiap kill maupun assist yang dilakukan Grock bakal mengaktifkan skill Bloodlust yang bakal memberikan Grock kemampuan regenerasi sebesar 20 persen dari HP maksimum.
Unique Passive tersebut bakal bersinergi dengan role Grock yang bertugas sebagai inisiator. Dengan kemungkinan assist yang sangat tinggi, bisa dipastikan Grock akan selalu mendapatkan regenerasi HP di setiap war. Bloodlust memiliki waktu cooldown sebesar 10 detik sehingga kamu harus memeriksa cooldown tersebut terus menerus.

Kelebihan

  • Durability cukup tinggi
  • Bisa engage dan disengage dengan mudah
  • Inisiator yang baik

Kekurangan

  • Serangan cukup lambat
  • Sangat bergantung pada tim
  • Guardian’s Barrier kerap menjadi pedang bermata dua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar