Sabtu, 06 Januari 2018

Kalkulator Bahasa C Dengan Fungsi










            Kali ini saya akan membuat program yang bertujuan untuk menghitung dua buah angka dengan operator tambah, kurang, kali dan bagi. Proses penghitungan di dalam program ini menggunakan fungsi, dimana masing-masing fungsi mewakili masing-masing operator.



            Di dalam program ini saya menggunakan variabel ang1 dan ang2 untuk menyimpan nilai dari angka yang dimasukkan user ke computer sebagai angka 1 dan angka 2, dimana kedua angka tersebut akan diproses.



            Blok sintak diatas merupakan potongan program yang berisi perintah untuk membuat tampilan utama dari program. Di dalam fungsi main() program akan meminta user untuk memasukkan 2 buah angka kemudian, program akan meminta user memilih salah satu dari 5 menu yang tersedia, yaitu : untuk menambahkan, mengurang, mengkalikan, membagi 2 angka yang tadi di masukkan dan keluar dari program ini.








            Blok sintak diatas merupakan potongan program yang berisi perintah untuk menentukan fungsi mana yang harus dipanggil. Di dalam blok sintak sebelumnya, saat user memilih menu dan user memasukkan angka 1, program akan menyimpan nilai 1 di dalam variabel pil. Kemudian, variabel pil digunakan untuk switch case, karena user memasukkan angka 1 itu berarti user memilih case 1 yang berisi perintah untuk memanggil fungsii tambah() setelah itu program menghentikan switch case dengan perintah break; .






            Blok sintak diatas merupakan potongan program yang berisi perintah untuk menambahkan kedua angka yang telah dimasukkan oleh user. Di dalam fungsi tambah() terdapat 2 parameter, yaitu ang1 dan ang2 yang berfungsi untuk mendeklarasikan 2 variabel tersebut di dalam fungsi tambah(). Hasil penjumlahan variabel ang1 dan ang2 di konversi menjadi tipe data float dan hasilnya di simpan di dalam variabel hasil. Setelah itu program mencetak variabel hasil dan memangil fungsi main().













          Blok sintak diatas merupakan potongan program yang berisi fungsi kurang(). Di dalam fungsi ini terdapat perintah untuk mengurangkan 2 angka dari variabel ang1 dan ang2 yang di konversi menjadi float dan disimpan di dalam variabel hasil. Kemudian, fungsi main() di panggil.







          Blok sintak diatas merupakan potongan program yang berisi fungsi kali(). Di dalam fungsi ini terdapat perintah untuk mengkalikan 2 angka dari variabel ang1 dan ang2 yang di konversi menjadi float dan disimpan di dalam variabel hasil. Kemudian, fungsi main() di panggil.





          Blok sintak diatas merupakan potongan program yang berisi fungsi bagi(). Di dalam fungsi ini terdapat perintah untuk membagi 2 angka dari variabel ang1 dan ang2 yang di konversi menjadi float dan disimpan di dalam variabel hasil. Kemudian, fungsi main() di panggil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar