Senin, 20 November 2017

Teori Permainan (Game Theory)





Pengertian Teori Game

Teori permainan adalah "Suatu pihak melakukan sebuah kegiatan dengan pihak lainnya yang di batasi dengan peraturan-peraturan yang telah di setujui oleh kedua pihak, yang di dalam nya terdapat persaingan untuk menjadi yang terbaik".

Tujuan teori ini adalah menganalisa proses pengambilan keputusan dari persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih pemain/kepentingan. Kegunaan dari teori permainan adalah metodologi yang disediakan untuk menstruktur dan menganalisa masalah pemilihan strategi. Menggunakan teori permainan, maka langkah pertama adalah menentukan secara explicit pemain, strategi yang ada, dan juga menentukan preferensi serta reaksi dari setiap pemain.


Unsur-unsur Dasar Teori Permainan

        Ada beberapa unsur atau konsep dasar yang sangat penting dalam penyelesaian setiap kasus dengan teori permainan. Berikut penjelassan selengkapnya :

a. Players (Pemain)
Di dalam sebuah permainan pasti melibatkan seseorang dalam permainannya, dengan kata lain permainan tidak dapat terjadi jika tidak ada yang bermain, minimal dibutuhkan 1 orang untuk melakukan permainan.

b. Rules (Peraturan)
Rules (peraturan) adalah sekumpulan instruksi yang berfungsi sebagai struktur formal sebuah game. dengan tujuan untuk memberikan sebuah tantangan kepada pemain, agar permainan nya tidak mudah di selesaikan dan memberikan kesenangan di dalam permainan. Dengan ada nya rules, pemain dapat menyusun sebuah strategi untuk memenangkan permainan tersebut.

c. Consequences
Consequences (konsekuensi), Jika ada pemain yang gagal menyelesaikan tantangan maka dia akan mendapatkan hukuman. konsekuensi bersifat adil karena konsekuensi tersebut di bentuk atas
persetujuan semua pemain.

d. Payoffs
Apabila di dalam sebuah permainan ada pemain berhasil menyelesaikan tantangan maka dia akan mendapatkan reward atau hadiah sebagai imbalan karena berhasil menyelesaikan tantangan tersebut. 








SUMBER :

https://sutrisnoadityo.wordpress.com/2013/10/12/teori-permainan-game-theory/
http://rifkisetyanto.blogspot.co.id/2016/12/game-theory-teori-game.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar