Selasa, 21 November 2017

Own Games



Perkembangan Game di Indonesia saat ini bisa di bilang cukup meningkat karena menurut catatan Badan Pusat Statistik dan Bekraft, nilai industri game dalam negeri sudah lebih dari Rp 8 triliun rupiah di akhir 2016. Ini terbukti dari makin banyaknya industry game di Indonesia, salah satunya adalah develepor terkenal yang kini sedang aktif meluncurkan game game buatannya, yaitu OWN GAMES.

Developer ini bermula dari sebuah perlombaan yang dimulai ketika Eldwin Viriya yang waktu itu berprofesi sebagai dosen junior berusaha mencari kegiatan untuk mengisi waktu luangnya. Saat itu Eldwin mengajar pemrograman di Universitas Parahyangan (Unpar), Bandung.
Eldwin pun memutuskan untuk mulai membuat game. Tidak lama setelah itu, tepatnya di akhir tahun 2011, Nokia mengadakan kontes Mobile Game Developer War 2 untuk platform J2ME Nokia.
Saat mengikuti kontes ini, Eldwin mengajak adik kandungnya, Jefvin Viriya, sebagai partner. Saat itu Jefvin masih duduk di bangku kelas 3 SMA . Eldwin menangani urusan aset grafis dan engine utama game, sedangkan Jefvin membantu urusan coding dan balancing game. Ternyata, keduanya sukses terpilih menjadi pemenang dengan game Beyond the Well. Dari sinilah keduanya memutuskan untuk menjadi developer game.

Untuk membuat daya tarik dari perusahaan nya itu, Eldwin membuat karakter Tako untuk sebuah kontes animasi ketika dia masih duduk di kelas 3 SMA dan sudah muncul dari game pertama Own Games yang dikembangkan untuk kontes besutan Nokia yang suda disebutkan sebelumnya. Banyak developer yang fokus pada pembuatan game ketimbang untuk menentukan ciri khas dari perusahaannya. Berbeda dengan developer lainnya,  Own Games juga mementingkan ciri khasnya dalam pembuatan game, hal ini terbukti dari banyaknya karakter tako yang muncul di setiap game yang telah di buat oleh Own Games, diantaranya Jump Jump Bam, Eyes On Dragon, Tako Jump, Own Super Squad dan masih banyak lagi game yang telah di buat.

Jump Jump BAM




Game jump jump BAM merupakan game santai atau casual yang dibalut dengan grafik yang lucu dan menggemaskan. Game satu ini memiliki berbagai macam karakter yang di setiap karakternya dibekali dengan kemampuan unik yang bisa kalian mainkan, hal tersebut juga didukung dengan gameplay nya yang cukup mudah untuk bisa kalian pahami dimana kalian hanya perlu menghindari balok balok yang jatuh dari atas dan juga semakin lama balok balok yang jatuh akan semakin cepat yang menjadikan game satu ini lebih menantang untuk kalian mendapatkan skor yang lebih besar.


Eyes On Dragon




Game eyes on dragon ini juga merupakan game running yang hampir sama dengan game game yang sudah Nona sebut dan game satu ini juga merupakan game yang berasal dari Own Games Saat awal pertama kali kalian bermain akan ada sebuah karakter bernama tako yang tengah melihat-lihat sebuah kotak harta karun dan saat kalian tekan play maka akan keluar naga kecil dan berbeda dengan game running lainnya disini kalianlah yang mengejar seekor naga yang keluar tersebut.


Tako Jump




Disini tugasmu hanyalah membantu karakter di dalam game yang berupa bola tako untuk melompati tangga demi tangga. Akan ada juga stage-stage game yang harus kamu mainkan yang tentunya dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.


Own Super Squad




own super squad satu ini merupakan game dengan genre adventure, action dimana pada awal bermain kalian akan menjatuhkan sebuah item dan monster monster keluar dari item yang kalian jatuhkan tersebut nah disini tugas tako super squad adalah untuk membasmi musuh musuh yang tersebar. Dalam game ini juga ada karakter tako dan teman-teman tako yang memiliki kemampuan khusus yang unik-unik disetiap karakternya. Nah sama seperti game sebelumnya grafik dari game ini juga lucu dan imut-imut namun field/map yang ada dalam game ini masih kurang tapi bisa dibilang sudah cukuplah menurut Nona. Dalam game ini juga ada boss dan mini boss yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.







Saat ini Tako tidak hanya di buat dalam bentuk video game saja. Own Games telah menghadirkan karakter mereka ini dalam wujud komik strip di laman resmi Own Games di Facebook, sebuah animasi singkat Tako dan Kawan-Kawan menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Merauke” dalam rangka merayakan ulang tahun Indonesia ke-70, serta berbagai jenis merchandise seperti pin, stiker, dan kaus yang bertemakan Tako dan Kawan-Kawan yang menggunakan beragam pakaian adat khas Indonesia. Sampai saat ini, Own Games sudah merilis beberapa game yang hampir  semuanya terdapat karakter Tako dan Kawan-Kawan di dalamnya. Tim mereka juga sempat berkembang menjadi lima orang, dengan Eldwin berperan sebagai kepala studio dan lebih sibuk mengurus legal dan operasional, sedangkan Jefvin fokus melakukan coding bersama dengan programmer yang lain.




http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/04/27/perkembangan-industri-games-di-indonesia-melesat-tahun-lalu-nilainya-rp-8-triliun
https://id.techinasia.com/own-games-berkembang-dengan-karakter
http://www.nonagadget.com/2016/07/daftar-game-terbaik-dari-own-games.html
http://own-games.com/jumpjumpdzigh.php
http://own-games.com/ownsupersquad.php
http://own-games.com/eyesondragon.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar