Selasa, 03 Oktober 2017

Efek Dimensi Sinema Digital


Apakah kalian mengira bahwa film itu hanya bisa di lihat secara datar saja?
jika kalian berfikir bahwa film cuma seperti itu saja, beraarti kalian belum mengenal yang namanya efek 3D (dimensi 3) dan 4D (dimensi 4).

untuk kalian yang belum tau apa itu 3D dan 4D, saya akan membahasnya  di postingan saya kali ini.


Pengertian Dimensi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dimensi adalah ukuran yang meliputi : panjang, luas, tinggi, lebar, dan sebagainya.

Sedangkan menurut penjelasan yang ada dalam buku filsafat kuno, dimensi adalah sebuah sistem yang mengukur gerak bebas. Sebuah benda dikatakan berada pada dimensi nol apabila benda tersebut tidak dapat bergerak sama sekali ke arah manapun, seperti salah satu contohnya adalah titik.

kesimpulannya adalah dimensi merupakan batas gerak yang meliputi berbagai macam unsur (seperti panjang, lebar dan tinggi) dari gerak suatu benda dalam suatu ruang.


Dimensi terdiri dari 3 jenis nya di antaranya adalah :

2D (Dimensi 2)



Pengertian dimensi dua adalah dimensi yang memiliki dua unsur, yaitu unsur panjang dan unsur lebar. Sesuai dengan pengertiannya, teknologi yang digunakan dalam dunia sinema digital hanya meliputi gambar 2 dimensi yang begerak. sehingga penonton hanya dapat melihat film datar.
contoh film 2D adalah Tom and Jerry, SpongeBob dan lain lainnya.

3D (Dimensi 3)


Pengertian dimensi tiga adalah dimensi yang memiliki tiga unsur, yaitu unsur panjang, unsur lebar dan unsur tinggi. Dalam dunia sinema digital, efek 3 dimensi membuat penonton dapat melihat volume atau kedalaman dari suatu objek yang berada di dalam film. Seolah olah penonton melihat film tersebut seperti di dunia nyata, tetapi kita tidak dapat merasakan apa yang dirasakan di dalam film. Contoh film 3D adalah Finding Nemo 3D, How To Train Your Dragon, Transformers : The Last knight dan masih banyak lagi film 3D lainnya.

4D(Dimensi 4)


Untuk penggertian dari dimensi 4 sendiri masih ada perdebatan di kalangan ilmuwan, tetapi untuk penerapan dimensi 4 dalam dunia sinema digital sendiri sudah banyak digunakan. Dalam efek 4D penonton seolah olah merasakan peristiwa di dalam film. Efek tersebut bukan berarti efek tersebut benar benar  keluar dari film, tetapi pengolah tempat bioskop sudah memasang berbagai macam alat untuk menunjang film tersebut. Misal di film ada adegan di puncak gunung, penonton dapat merasakan dinginnya pegunungan yang sebenarnya pengolah bioskop sudah memasang kipas diatas langit-langit sehingga kita seolah-olah merasakan dinginnya pegunungan. Contoh film 4D adalah Jurrasic World 4D.



Sumber :

https://stely-novenus.blogspot.co.id/2015/10/teknologi-sinema-2d-3d-dan-4d-dan.html
http://pengertiandefinisi.com/pengertian-dimensi-dan-beberapa-jenisnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar