Kamis, 28 September 2017

Mengenal CGI di Hollywood dan di Indonesia



Sudah menjadi hal umum bahwa film bioskop zaman sekarang sudah menggunakan efek-efek yang canggih dan penggunaan perangkat pendukung lainnya. karena banyaknya kecanggihan teknologi yang di gunakan dalam proses pembuatan film, membuat banyak remaja yang berbondong-bondong datang ke bioskop untuk menonton film kesayangan nya, hal tersebut sudah menjadi sebuah tren di kalangan remaja. Baik di dalam negri maupun di luar negri, contoh penggunaan teknologi di bidang sinema/film yang di gunakan oleh marvel yang menceritakan tentang super hero yang melindungi bumi dengan kekuatannya, di film tersebut banyak sekali efek-efek yang digunakan salah satunya adalah CGI (Computer Generated Imagery) yang mampu membuat objek 3D beserta efek dan animasinya.

CGI merupakan tehnik penerapan teknologi komputer grafik untuk pembuatan efek kusus (special effect) dalam film. Perangkat lunak (software/program) komputer yang biasanya digunakan dalam penerapan CGI antara lain 3ds Max, Blender, Light Wafe 3D, Maya, dan Autodesk Softimage. Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: “pencitraan yang dihasilkan komputer”) adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, acara televisi dan iklan, dan juga media cetak. Permainan video umumnya menggunakan grafik komputer waktu-nyata (jarang disebut sebagai CGI), namun juga sering menggunakan “adegan tengah” (cutscene) yang telah dirender dan film-film pembuka yang mirip dengan penggunaan CGI. Ini dinamakan Full Motion Video (FMV).

Banyak sekali adegan-adegan yang di gunakan oleh produser film dalam pembuatan film dengan menggunakan CGI. Contohnya seperti adegan air laut terbelah dan membentuk gelombang setinggi menara tertinggi di dunia. akibat tumburan meteor sebesar kota New York dan siap menyelimuti kota terbesar di dunia dan merobohkan gedung-gedung pencakar langit dalam film Deep Impact yang begitu realistis membuat kita bertanya-tanya bagaimana proses pembuatannya? Begitu juga dengan adegan kota yang tertutup badai salju dalam film The Day After Tomorrow. Ada yang menebak dibuat miniatur kecil yang semirip mungkin dengan aslinya kemudian disiram dengan air sehingga terlihat seperti adegan-adegan spektakuler, itu adalah hasil dari teknologi komputer grafis yang membantu berbagai macam hal yang terlalu mahal dan tak mungkin untuk dibuat dalam film, iklan dan video games menjadi nyata. Teknologi visual effect pada berbagai macam software 3 dimensi dan software-software pendukung lainnya yang membuat kita terhenyak ketika menyaksikan adegan seolah-olah bumi mengalami kiamat. Di negara-negara barat teknologi canggih atau yang kini sering disebut dengan CGI mulai diaplikasikan pada bidang fotografi. Berbagai obyek yang terlalu sulit atau mahal dibuat dengan fotografi diciptakan melalui CGI.

Contoh diatas merupakan adegan-adegan dari film yang dibuat oleh Negara lain, bagaimana dengan di Indonesia? apakah Indonesia  belum bisa membuat film dengan CGI seperti Hollywood?
Jawaban nya adalah sudah banyak film CGI hasil buatan dalam negri, tetapi untuk penggunaan nya sendiri masih tergolong rendah hanya beberapa adegan saja yang menggunakan CGI, tidak seperti film buatan Hollywood yang hampir seluruhnya menggunakan CGI.

Berikut ini buktinya kalau film Indonesia juga ada yang memakai efek CGI.
Bangkit merupakan film yang bertema bencana alam banjir yang melanda Jakarta terus-menerus. Adegan akan disertai dengan badai Laluna yang mengarah dari Australia menuju Jakarta.
Bencana tersebut diperparah dengan jebolnya bendungan katulampa, yang mengakibatkan Jakarta semakin tenggelam dan hancur. Kemudian ada film berGenre komedi Comic 8: Casino Kings Part 1 (2015) dan Part 2 (2016) yang digarap sutradara kondang Anggy Umbara dan masih banyak lagi film yang di buat oleh produser di Indonesia.
Semoga kedepannya Indonesia mampu membuat film sekelas Hollywood dan terus berkembang lagi.



SUMBER:

http://nanto88.blogspot.co.id/2012/03/teknologi-cgi-dalam-film-apa-itu-cgi.html

https://www.dream.co.id/lifestyle/film-ini-gunakan-teknologi-cgi-pertama-di-indonesia-keren-160719b.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar