Senin, 30 Oktober 2017

Aplikasi Desktop : Pembuat Animasi

        Seperti yang sudah kita ketahui bahwa digital sinema adalah pembuatan film dengan teknologi modern. Teknologi yang di maksud adalah special effect yang di gunakan dalam pembuatan film. special effect dapat di buat dengan bantuan software yang berbasis desktop. Memang saat ini banyak sekali aplikasi pembuat animasi tetapi, ada empat aplikasi software yang poppuler di gunakan di Indonesia, di antaranya adalah aplikasi seperti :
  • Blender
  • Autodesk 3ds Max
  • LightWave
  • Modo

Blender




        Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.


Autodesk 3ds Max




          3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
         3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.


LightWave





          Lightwave telah sejak lama dikenal karena kemampuan renderingnya yang bagus dan antarmuka pengguna yang tidak biasa (misalnya, icon tidak digunakan; dan fungsi diberikan judul deskriptif). Seperti banyak paket 3D lainnya Lightwave juga terdiri dari dua bagian, lingkungan pemodelan objek di mana model 3d atau "meshes" diciptakan dan lingkungan animasi di mana model diatur dan dianimasikan untuk render. Tidak seperti kebanyakan paket lainnya dua bagian ini adalah sebuah program yang terpisah. Ada juga aplkasi render yang terpisah yang dapat dijalankan di banyak mesin.

Modo



           Modo merupakan software pembuat animasi 3d yang memungkinkan seniman untuk memilih "pivot point" dari alat atau tindakan secara realtime hanya dengan mengklik suatu tempat. Selain itu, object  dapat memberitahu modo untuk mendapatkan orientasi sumbu alat itu dari yang dipilih atau diklik pada elemen, melewati kebutuhan untuk terpisah "menyesuaikan alat axis" mode

Sekian dari saya mengenai sedikit pembahasan tentang aplikasi desktop pembuat animasi di dalam dunia digital sinema saya ucapkan terimakasih.  



Sumber :

http://tekno.10terbaik.com/2014/04/7-software-animasi-3d-terbaik.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
https://id.wikipedia.org/wiki/3D_Studio_Max
https://id.wikipedia.org/wiki/LightWave
https://faris6593.blogspot.co.id/2014/11/tugas-softskill-penjelasan-modo-3d-modelling.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar