Selasa, 06 Maret 2018

Web semantik : Instagram







Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. 






Instagram disebut-sebut sebagai cikal bakal dari web generasi 3.0 (web semantik). Instagram menggunakan teknologi web semantik seperti : Artificial Intelegence yang digunakan pada beberapa event salah satu nya pada event Search yang mampu menemukan sebuah akun dari penggalan kata yang kita masukkan kedalam search. Realtime comunication dengan teknologi ini memungkinkan instagram mengirim direct message atau chat secara langsung (waktu nyata) sehingga dapat diterima oleh si penerima dengan cepat.





Gambar diatas merupakan tampilan utama instagram setelah berhasil login. Di halaman ini kita dapat melihat gambar atau video yang dibagikan oleh teman kita. Di pojok kanan atas terdapat menu explore yang memungkinkan kita dapat melihat gambar atau video dari seluruh pengguna instagram, lalu ada menu activity yang dapat melihat dan mengelola aktivitas yang dilakukan oleh teman kita. Lalu, ada menu profil yang dapat  melihat, mengubah, dan mengelola tampilan akun pengguna. Dibawah tiga menu tersebut ada yang nama nya instastory yang dapat membagikan gambar atau video yang diupload kedalamnya dan dalam waktu 24 jam akan di hapus dari instastory.


 Kelebihan Situs Instagram :

  • Tampilan yang sederhana membuat pengguna merasa nyaman melihatnya
  • Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dalam berbagi video dan gambar
  • Dapat memantau aktivitas yang dilakukan oleh teman kita
  • Dapat digunakan untuk keperluan bisnis
  • Dapat melakukan chating dengan teman di instagram

Kekurangan Situs Instagram : 
  • Banyak menu yang tersembunyi didalamnya
  • Penggunaan nya lebih sulit dibandingkan dengan aplikasi nya di smartphone
  • Fitur-fitur yang kurang lengkap di bandingkan dengan versi aplikasi





Sumber :


https://www.candra.web.id/ciri-dan-teknologi-web-3-0/

https://www.instagram.com/

https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar