Seperti yang dapat kita lihat, dizaman modern ini banyak sekali film yang di buat dengan teknologi yang canggih, mulai dari resolusi layar yang sudah ultra high definition, suara yang lebih jernih dan grafik yang lebih halus, serta efek 2D,3D dan 4D. semua itu di kembangkan berkat ada nya teknologi modern.
Dahulu sebelum teknologi modern berkembang, Seorang
sutradara film, George Lucas mengatakan bahwa film yang berkembang pada abad
ke-19 dikembangkan dari sebuah fotografi melalui media yang menggunakan pita
seluloid untuk menangkap dan merekam gambar. Pada akhir abad ke-19 sampai akhir
abad ke-20 telah ditemukan pengganti pita seluloid untuk menampilkan cara
penggarapan baru dunia film yaitu sinema digital. Sinema digital adalah semua
konsep, sebuah system yang lengkap dimana meliputi seluruh rantai produksi film
dari akuisisi yang berhubungan dengan kamera digital dan pada bagian ini akan
dijelaskan secara singkat bagaimana kerja dasar teknologi dan dampak dari
munculnya sistem digital. Dalam 20 tahun terakhir ini, teknologi digital,
teknik dan estetika visual memiliki pengaruh yang besar dalam setiap tahap
pembuatan dan pendistribusian film.
Proses pembuatan film merupakan produksi film yang masih secara tradisional yang menggunakan 35mm atau 70mm film kamera dengan pita seluloid, yang mana memiliki kualitas gambar yang lebih rendah bila dibandingkan dengan proses pembuatan film yang menggunakan teknologi digital. Kemudian film dimanipulasi dengan menggunakan komputer pada pasca produksi. Dalam teorinya, digital film dimulai pada akhir tahun 1980an, ketika Sony menggunakan konsep sinematografi elektronik, yang mana inisiatif itu gagal. Pada akhir tahun 1990an diperkenalkan HDCAM dengan mengganti dari proses sinemtografi digital untuk membuat film menggunakan kamera digital. High-end kamera menggunakan sensor tunggal yang ukurannya sama seperti film 35mm frame seperti kamera film konvensional. Pengambilan gambar dalam format HDTV progresif memberikan gambar 720 x 1080 pixel dan hasilnya adalah filmis daripada televisual saat gambar di tangkap/direkam. Pada pertengahan 1990-an Sony DCR-VX1000 MiniDV menjanjikan kualitas gambar yang cukup baik untuk film yang biayanya rendah secara digital. Perbedaan kamera high-end dan MiniDV yaitu, kamera high-end menggunakan kompresi untuk mengurangi ukuran file, sedangkan sistem MiniDV menggunakan tingkat kompresi yang tinggi dan mengurangi kualitas gambar untuk penyimpanan ukuran.
Kosekuensi dari meningkatnya penggunaan teknik komputer ini adalah pencitraan dalam pembuatan film dimana keseimbangan antara produksi (film dari adegan yang merupakan narasi dari film) dan pasca produksi (seperti membersihkan foto, penambahan analog efek digital dalam gambar-gambar awal yang dimasukan). Film yang ada direkam sebagai film data pada hard disk dan memori flash dengan menggunakan sistem RAID ( Redundant Array of Inexpensive / Drives independen / disk). Dalam pembuatan film kontemporer pun, periode pasca produksi umumnya jauh lebih lama dari masa produksi disebabkan karena sebagian besar gambar dari hasil akhir adalah hasil kerja dilakukan dalam pencitraan yang dihasilkan komputer dan CGI editing.Dari sejarahnya, CGI memiliki kualitas gambar yang kasar, Kualitas CGIS yang muncul jauh berbeda dengan visual dari objek yang secara dunia nyata telah di foto dengan menggunakan seluloid (tradisional). Konsekuensi dari kualitas visual yang berbeda ini, yaitu gambar yang dihasilkan dengan menggunakan CGI biasanya muncul pada layar untuk jangka waktu yang lebih pendek dari gambar nyata.
Fase teknologi audiovisual tertentu tidak kompatibel diantara kompresi dan sistem server yang mana berarti bahwa film-film sekarang ini harus didistribusikan dalam berbagai bentuk. Pada Maret 2002, ‘Digital Cinema Inisiatives’ telah dibentuk oleh studio besar, seperti : Disney, Fox, MGM, Paramount, Sony Pictures, Universal dan Warner untuk mengembangkan spesifikasi arsitektur terbuka untuk sinema digital yang dapat diambil oleh semua pihak industri. Yang mana versi 1.1 telah dirilis pada April 2007. Inisiatif lain ‘Digital Cinema Implemention Partner’ (DCIP) dibentuk oleh AMC, Cinemark dan Regal Cinema Chains. Mereka merencanakan untuk menggunakan proyeksi dan server digital di seluruh bioskopnya sejak tahun 2008.
Biaya untuk mengkonversi sinema dari seluloid menjadi proyeksi digital sangatlah tinggi, lebih dari $150,000 per layar. Tetapi sebagai proses digital, menjadi semakin ada dimana-mana di seluruh fase dari industri perfilman. Beberapa prediksi awal, diperkirakan konversi menjadi pameran digital akan selesai pada tahun 2012, meskipun masih melambatnya dalam beberapa tahun terakhir, sehingga melemparkan banyak pertanyaan dari tanggal tersebut.
Namun era sulit tersebut sudah lah berakhir, pada zaman sekarang dimana teknologi hamper dapat di jumpai di kehidupan kita sehari hari, mulai alat komunikasi, kendaraan hingga alat untuk memproduksi sebuah film pun sudah jauh berkembang sebelum adanya teknologi modern. berikut ini teknologi yang digunakan dalam proses pembuatan sebuah film:
Rekaman Digital
Pada 2009, media akuisisi yang paling umum untuk fitur digital diproyeksikan adalah 35 mm film dipindai dan diproses pada 2K (2048 × 1080) atau 4K (4096 × 2160) resolusi melalui digital intermediate [rujukan?]. Sebagian besar fitur digital sampai saat ini ditembak di 1920x1080 resolusi HD menggunakan kamera seperti CineAlta Sony, Panavision Kejadian atau Thomson Viper. kamera baru seperti Alexa Arri dapat menangkap 3,5 K resolusi gambar, dan Red Camera Digital Cinema Perusahaan Merah Satu dapat merekam 4K. Pangsa pasar dari proyeksi 2K di bioskop digital lebih dari 98%. Saat ini dalam pembangunan kamera lain mampu merekam RAW 4K, seperti Dalsa Corporation Asal dan Canon 4K "Serbaguna", dan mampu rekaman 5K, seperti EPIC RED kamera, dan kamera mampu merekam 3K (bagi para pembuat film anggaran) seperti yang RED Scarlet.
Pasca Produksi Digital
Dalam proses pasca-produksi, negatif film kamera-asli (film yang secara fisik berlari melalui kamera) dipindai ke dalam format digital pada scanner atau telecine resolusi tinggi. Data dari film kamera digital mungkin akan diubah ke format file gambar dengan nyaman untuk bekerja di fasilitas. Semua file tersebut 'sesuai' untuk mencocokkan suatu mengedit daftar yang dibuat oleh editor film, dan kemudian warna dikoreksi di bawah arahan staf film. Hasil akhir pasca-produksi adalah perantara digital yang digunakan untuk merekam gambar gerak untuk film dan / atau untuk rilis sinema digital.
Digital Mastering
Ketika semua gambar, suara, dan elemen data dari sebuah produksi telah selesai, mereka mungkin dirakit Perjanjian Penyaluran Digital Cinema Master (DCDM) yang berisi seluruh bahan digital yang dibutuhkan untuk proyeksi. Gambar dan suara kemudian dikompresi, dienkripsi, dan dikemas untuk membentuk Digital Cinema Paket (DCP).
Proyeksi Digital
Saat ini ada dua jenis proyektor untuk sinema digital. Awal DLP proyektor, yang digunakan terutama di Amerika Serikat, digunakan terbatas resolusi 1280 × 1024 atau setara dengan 1,3 MP (megapiksel). Mereka masih banyak digunakan untuk iklan pre-show tapi tidak biasanya untuk presentasi fitur. Spesifikasi DCI untuk proyektor digital panggilan untuk dua tingkat pemutaran harus didukung: 2K (2048 × 1080) atau 2,2 MP pada 24 atau 48 frame per detik, dan 4K (4096 × 2160) atau 8,85 MP pada 24 frame per detik.
Dalam proses pasca-produksi, negatif film kamera-asli (film yang secara fisik berlari melalui kamera) dipindai ke dalam format digital pada scanner atau telecine resolusi tinggi. Data dari film kamera digital mungkin akan diubah ke format file gambar dengan nyaman untuk bekerja di fasilitas. Semua file tersebut 'sesuai' untuk mencocokkan suatu mengedit daftar yang dibuat oleh editor film, dan kemudian warna dikoreksi di bawah arahan staf film. Hasil akhir pasca-produksi adalah perantara digital yang digunakan untuk merekam gambar gerak untuk film dan / atau untuk rilis sinema digital.
Digital Mastering
Ketika semua gambar, suara, dan elemen data dari sebuah produksi telah selesai, mereka mungkin dirakit Perjanjian Penyaluran Digital Cinema Master (DCDM) yang berisi seluruh bahan digital yang dibutuhkan untuk proyeksi. Gambar dan suara kemudian dikompresi, dienkripsi, dan dikemas untuk membentuk Digital Cinema Paket (DCP).
Proyeksi Digital
Saat ini ada dua jenis proyektor untuk sinema digital. Awal DLP proyektor, yang digunakan terutama di Amerika Serikat, digunakan terbatas resolusi 1280 × 1024 atau setara dengan 1,3 MP (megapiksel). Mereka masih banyak digunakan untuk iklan pre-show tapi tidak biasanya untuk presentasi fitur. Spesifikasi DCI untuk proyektor digital panggilan untuk dua tingkat pemutaran harus didukung: 2K (2048 × 1080) atau 2,2 MP pada 24 atau 48 frame per detik, dan 4K (4096 × 2160) atau 8,85 MP pada 24 frame per detik.
SUMBER
https://dessynathalia.wordpress.com/2015/10/23/sejarah-sinema-digital/
http://hendrawan1.blogspot.co.id/2010/10/teknologi-digital-cinema.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar