Senin, 30 April 2018

Manfaat Cloud Computing

     Sebelumnya saya memposting tentang pengertian cloud computing, dan sekarang saya akan membahas tentang manfaat dari cloud computing bagi suatu perusahaan dan individu. Tetapi sebelumnya, saya akan membahas tentang manfaat dari cloud computing secara umum.

Manfaat cloud computing

1. Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat
Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.

2. Keamanan Data
Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

3. Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi
Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.

4. Investasi Jangka Panjang 
Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.



Manfaat cloud computing bagi Perusahaan

1. Cloud Computing mempermudah infrastruktur. Suatu sistem informasi dan data perusahaan membutuhkan pengaturan atau manajemen infrastruktur IT yang baik, dengan menggunakan cloud computing maka perusahaan tidak perlu lagi khawatir memikirkan hal tersebut. Karena penyedia layanan cloud computing telah menyediakan service untuk urusan manajemen infrastruktur sehingga perusahaan hanya tinggal menggunakan layanan cloud computingnya.

2. Cloud Computing mengurangi risiko. Dalam hal ini perusahaan dituntut untuk selektif memilih layanan cloud computing yang benar-benar bisa dipercaya. Dengan memakai fasilitas dari penyedia layanan cloud computing yang terpercaya maka perusahaan terbantu dalam mengurangi risiko kengilangan data, dan risiko pemeliharan server. Selain itu misalnya apabila teknisi IT perusahaann pindah tempat kerja, maka secara otomatis berpengaruh pada pemeliharan aplikasi. Solusi yang ditawarkan cloud computing adalah mengurangi tingkat risiko tersebut, semua kebutuhan secara lengkap tersedia di server cloud dan semua terintegrasi.

3. Cloud Computing mengurangi biaya, Suatu aplikasi atau penyimpanan data membutuhkan perangkat khusus yang mampu melayani banyak permintaan secara bersamaan. Maka untuk keperluan tersebut dibutuhkan komputer server, dan komputer server memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding komputer biasa untuk user. Selain itu diperlukan juga biaya perawatan server dan aplikasi. Dengan hanya memakai layanan cloud computing perusahaan bisa memangkas biaya yang relatif tinggi tersebut.

4. Cloud Computing mendukung segi praktis. Teknologi IT sekarang ini dituntut untuk bisa permintaan yang beragam hingga melayani masing-masing kebutuhan perusahaan dan sekaligus dituntut untuk lebih sederhana dalam penggunaan, biaya, waktu dan infrastruktur. Cloud computing dikatakan Richardus bersifat kebalikan dari trend IT terdahulu dimana semakin kompleks IT semakin dinilai keren.


Manfaat cloud computing bagi Individu

1. Remote Data Access
Kemudahan pertama adalah disaat Anda bepergian, Dimana pun dan kapanpun Anda bisa bisa mengakses semua data yang tersimpan di Cloud Computing dari komputer selama ada akses internet. Ini tentunya memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin berbagi dokumen apapun kepada semua orang.

2. Backup Data
Hali ini penting untuk Anda menyimpan salinan cadangan dari semua file penting, Anda bisa menyimpan cadangan seperti foto keluarga atau dokumen keuangan, dan data penting lainnya. Walaupun Anda memiliki Hard Dirve Eksternal dan bisa dijadikan untuk Back up, tetapi Backup data melalui Clod Computing menjadi solusi yang baik juga bagi Anda.

3. Tidak Perlu Software
Karena biasanya semua aplikasi perangkat keras dan dikelola dari jarak jauh, Anda tidak perlu berurusan dengan memperbarui program ke versi terbaru. Penyedia layanan Cloud Computing pastinya sudah melakukan kemudahan dan keamanan pada penggunanya.

4. Share Data
Penyimpanan Cloud Computing memberikan kemudahan berbagi file kepada semua orang. Ini memberikan kemudahan daripada mengirim e-mail ke setiap orang secara individual dengan lampiran yang besar. jadi kemudahan disini adalah untuk lebih memudahkan dan mengupload file yang dibutuhkan dan Anda tinggal mengirimkan link URL yang sesuai untuk dibagikan.

5. Aplikasi Tambahan
Cloud Computing memiliki fitur yang serbaguna, salah satu fitur yang dimiliki dari Cloud Computing bisa digunakan untuk email, seperti Hotmail atau Gmail.

6. Mobile Access
Sebuah solusi Cloud Computing tidak terbatas pada akses melalui komputer saja. Sekarang ini, banyak layanan Cloud Computing menyediakan interface berbasis browser untuk perangkat mobile bahkan aplikasi untuk Smartphone dan Tablet







SUMBER :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar