Sabtu, 05 Januari 2019

Membuat Poster Simple








Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

kali ini saya akan membuat sebuah poster yang mudah tanpa memerlukan banyak teknik. Sebelum membuat poster hal yang harus kita perhatikan adalah  konsep dari poster yang akan kita, konsep yang harus disiapkan menurut saya meliputi Tema, Konten, Tagline dan pemilihan background. 

Tema 
     Sebelum membuat poster pikirkan baik-baik tema yang kita angkat, pilih tema yang berisi ajakan kepada orang-orang yang membaca nya dan tidak mengandung penghinaan pada suatu kelompok. setelah tema di tentukan pilih lah konten yang sesuai dengan tema tersebut, apa saja yang ingin di cantumkan dalam poster tersebut. 

     Di dalam poster yang saya buat, saya mengambil tema hujan lalu, saya berpikir untuk mengajak orang-orang agar tidak mencela hujan yang selama ini membawa rahmat dari Allah.

Konten
     Maksudnya konten adalah hal-hal apa saja yang akan kita tampilkan di dalam poster tersebut terganatung dari jenis poster yang akan kita buat. Setelah itu pikirkan juga tata letak konten yang sesuai dengan background yang kita pilih jangan sampai kontennya di letakkan disembarang tempat yang hasilnya dapat membuat poster menjadi kurang enak dilihat.

Sebagai contoh, saya menampilkan landasan hukum (dalil) dari dilarangnya mencela hujan dan tagline sebagai memperjelas maksud yang ingin disampaikan.

Tagline
     Tagline (garis besar / kesimpulan) diambil dari kesimpulan tentang konten yang akan kita cantumkan dalam poster tersebut.

dalam poster ini saya menggunakan tagline "Jangan mencela hujan", kenapa saya mengambil tagline tersebut ? alasan utama saya supaya lebih cepat terlihat oleh orang yang melihat poster ini agar pesan yang ingin saya sampaikan dapat tersampaikan secara singkat dan jelas.

Pemilihan Background
     Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan BG (background) adalah kesesuaian BG dengan temanya karena, sebagian orang melihat suatu poster dari BG nya dulu setelah itu melihat konten/isi/maksud dari poster tersebut. Dengan kata lain BG menjadi daya pengikat bagi sebagian orang dan sebagai harapan bagi pembuat poster agar pesannya tersampaikan kepada orang yang melihatnya.

Tips : 
- usahakan mengurangi konten yang digunakan agar poster tidak terlalu ramai sehingga membuat bingung pembaca nya
- pilih lah background yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang
- rencanakan baik-baik konsep posternya jangan sampai menimbulkan keributan di masyarakat


Setelah saya menjelaskan bagaimana mengkonsepkan poster sebelum dibuat, selanjutnya saya akan membahas cara membuat poster himbauan/ajakan/persuasi secara sederhana.

1. Setelah menentukan konsepnya, langkah berikutnya adalah mencari konten dan background yang ingin kita gunakan. 
2. Pada gambar 1.1 saya mengambil gambar tersebut untuk dijadikan background lalu, pada gambar 1.2 terdapat gambar baru, nah nantinya saya akan mengambil gambar payung yang ada pada gambar tersebut.
3. Untuk mengambil payung yang berada di gambar tersebut kita perlu menggunakan teknik Tracing.

Gambar 1.1

Gambar 1.2

   

Gambar 1.3

4. Untuk menggunakan teknik Tracing buatlah garis mengikuti bentuk payung (objek yang ingin di ambil) 
5. Dalam membuat garis usahakan agar titik pertama bertemu dengan titik kedua (maksudnya garis tidak boleh terputus).
6. Setelah itu seleksi garis tersebut kemudian, seleksi gambar dari objek yang akan di ambil
7. Buka menu object kemudian, pilih clip >> set
8. Setelah itu dari gambar tersebut hanya tersisa payungnya saja (lihat Gambar 1.4)

Gambar 1.4

9. Selanjutnya gabungkan gambar payung dengan gambar pepohonan sehingga, seolah-olah ada orang yang berjalan dipinggir pepohonan sambil memegang payung. (lihat gambar 1.5)
10. Kemudian, gabungkan kedua gambar dengan shortcut CTRL + G agar tidak terlepas jika kita ingin memindahkan gambar tersebut.

Gambar 1.5
11. Setelah itu masukkan semua konten yang ingin kita cantumkan, aturlah posisi konten dan tagline agar enak dilihat.

Gambar 1.6

12. Dalam gambar tersebut saya merasa bahwa gambar tersebut terlalu terang sehingga tulisannya tidak terlihat dengan jelas, jadi saya menggunakan filter untuk mengurangi efek bright tersebut.
13. Untuk membuat filter cukup dengan kotak yang panjang dan lebarnya sama dengan poster tersebut kemudian, pilih warna hitam dan gunakan gradient. (lihat gambar 1.7)
14. Buatlah sisi atas dengan warna putih dan sisi bawah dengan warna hitam.
15. Aturlah jarak antara kedua titik tersebut agar warna hitam sejajar tingginya dengan kalimat teratas. (lihat gambar 1.7) 

Gambar 1.7


16. Aturlah oppacity dari warna hitam hingga 72%

Gambar 1.7
17. Gabungkan filter tersebut dengan posternya (atur posisi filter diatas background dan dibawah konten lainnya)
18. Dan poster bertema huja sudah selesai.

Gambar 1.8

Sekian tutorial membuat poster simple / mudah dari saya semoga bermanfaat.





Sumber

Link foto :
- Payung : https://unsplash.com/photos/LKgtcY1KoZI (Craig Whitehead)
- Pepohonan : https://unsplash.com/photos/_EMkxLdko9k (Filip Zrnzević)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar