Rabu, 23 Oktober 2019

FTP Server dengan Ubuntu 18.04


Install FTP Server pada Ubuntu ver. 18.04


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada postingan kali ini, saya akan membuat FTP server dengan Ubuntu 18.04. Sebelum memulai tutorialnya, saya akan memberikan penjelasan mengenai FTP. FTP (File Transfer Protocol) adalah internet service yang dirancang untuk membuat sambungan ke server internet tertentu atau komputer, sehingga user dapat mengirimkan file ke komputer (download) atau mengirimkan file ke server (upload). FTP saat ini banyak digunakan untuk melakukan pertukaran data, karena lebih mudah daripada menggunakan perangkat kabel atau fisik.

Berikut ini tutorial membuat FTP server :

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka terminal pada ubuntu. 
Langkah kedua adalah update os dengan ketik perintah sudo apt-get update


Langkah ketiga adalah download vsftpd dengan ketik perintah sudo apt-get install vsftpd


Langkah keempat adalah mengedit file pada vsftpd dengan menggunakan teks editor "gedit" caranya dengan ketik perintah sudo 


Langkah kelima adalah mengubah teks berikut :

Allow anonymous FTP? ...... = YES
Uncomment this to allow .... = YES
Uncomment this to enable ..... = YES

lebih lengkap nya lihat gambar berikut :


Langkah keenam adalah keluar dari teks editor tersebut dengan menekan ctrl + Z.
Langkah ketujuh adalah menggunakan root sebagai server untuk membagikan file kepada client.
Langkah kedelapan adalah masuk kedalam root lalu, lihat direktori yang ada pada root dengan perintah LS.


Langkah kesembilan adalah melihat ip pada root dengan ketik perintah ifconfig


Langkah kesepuluh adalah kembali kepada user client lalu, ketik perintah FTP (IP server).


Langkah kesebelas adalah mendapatkan akses ke direktori atau file yang ada di server dengan perintah Get (nama direktori/file).


Berakhir sudah tutorial install FTP server, akhirnya client dapat mengambil file yang ada pada server dan client juga dapat memberikan file kedalam server.

Minggu, 20 Oktober 2019

Pengantar Bisnis

Pengertian Bisnis


Bisnis adalah suatu upaya yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam memberikan suatu produk atau jasa yang menghasilkan keuntungan dan di butuhkan oleh konsumen.

Adapun pengertian bisnis menurut para ahli seperti :

1. Brown dan Pretello
Menurut para ahli yang bernama Brown dan Pretello, mengatakan bahwa pengertian bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan atau menciptakan suatu barang ataupun jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat dan semua hal yang mengenai berbagai usaha yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta baik mereka mengejar keuntungan ataupun tidak.

2. Griffin dan Ebert (1996)
Menurut Griffin dan Ebert pengertian bisnis merupakan sebuah aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para konsumen atau masyarakat.

Kegiatan bisnis dapat dilakukan oleh sebuah organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, atau badan usaha, ataupun perorangan yang tidak memilki badan hukum atau badan usaha. Misalnya seperti, pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) ataupun usaha informal lainnya.

3. Hughes dan Kapoor
Menurut Hughes dan Kapoor, bisnis adalah sebuah organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Suatu bisnis atau perusahaan dikatakan berhasil mendapatkan keuntungan atau laba jika total penerimaan pada satu periode lebih besar daripada total biaya yang dikeluarkan.

Mendapatkan laba atau keuntungan adalah daya tarik yang paling utama dalam menjalankan bisnis. Melalui laba yang mereka dapatkan, si pelaku bisnis dapat mengembangkan usahanya agar dapat mengahasilkan laba atau keuntungan yang lebih besar lagi.

4. Allan Afuah (2004)
Menurut seorang ahli yang bernama Allan Afuah, beliau menyatakan bahwa bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu atau kelompok yang terorganisasi atau terstruktur untuk menghasilkan dan menjual barang ataupun jasa untuk mendapatkan keuntungan atau laba dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Biasanya orang yang menjalankan bisnis pasti mengusahakan uang dan waktunya terpakai dan mereka juga pasti menanggung resiko, mereka biasa disebut sebagai Entrepreneur.

5. Hooper
Menurut seorang ahli yang bernama Hooper, mengemukakan bahwa bisnis adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks yang biasa dilakukan pada bidang industri, perbankan, transportasi, penjualan, distribusi, dan lain sebagainya. Adapaun tujuan dalam kegiatan tersebut adalah untuk mendapatkan keuntungan bagi yang melakukannya. [1]

Jenis - Jenis Bisnis


Jenis - Jenis Bisnis Berdasarkan Kepemilikannya yakni :

Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan'atau jasa dalam suatu pasar komoditas.

Monopoli (dari bahasa yunani : monos, satu dan polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangiharga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi : semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau lebih buruk lagi mencarinya di pasar gelap (black market).

Jenis - Jenis Bisnis Berdasarkan Kegiatannya yakni :

1. Bisnis Ekstratif
Bisnis Ekstratif adalah bisnis yang bergerak dalam jenis kegiatan pertambangan/menggali bahan - bahan tambang yang terkandung dalam perut bumi.

2. Bisnis Agraris
Bisnis Agraris adalah bisnis yang bergerak di bidang pertanian (termasuk pula pertanian, peternakan dan perunggasan), perkebunan serta kehutanan.

3. Bisnis Industri
Bisnis Industri adalah bisnis yang bergerak di bidang industri manufacturing, misalnya indutri tekstil garmen, mesin-mesin, mebel, pesawat terbang, mobil, sepedamotor, kapal laut maupun pabrik kertas, tapioca dan sebagainya.

4. Bisnis Jasa
Bisnis Jasa adalah bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang menghasilkan produk-produk yang tidak berujud seperti jasa pendidikan, kecantikan, perbankan,kesehatan, penanggungan risiko, jasa pariwisata dan sebagainya. [2]

5. Bisnis Manufaktur
Bisnis Manufaktur adalah bisnis yang  kegiatan atau aktivitasnya memproduksi produk yang berasal dari barang baku / mentah atau yang terdiri dari beberapa komponen-komponen, kemudian di jadikan menjadi sebuah produk dan dijual untuk mendapatkan keuntungan.
Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti kendaraan atau Pakaian, Elektronik, Makanan siap saji dan sebagainya.

6. Bisnis Finansial
Bisnis Finansial adalah Aktivitas atau kegiatan yang mendapatkan keuntungan dari sebuah investasi dan pengelolaan modal. yang di berikan kepada pelaku usaha untuk nantinya mendapatkan bagi hasil dengan pelaku usaha. Saat ini banyak bisnis investasi yang tengah berkembang seperti misalnya reksadana, investasi di sebuah perusahaan, dan investasi dan penanaman modal lainya.

7. Bisnis Real Estate
Bisnis Real Estate merupakan kegiatan / aktvitas yang dapat menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, seperti rumah, bangunan dan lain-lain. [3]

Jenis - Jenis Bisnis Berdasarkan Kegunaannya yakni :

a. Kegunaan bentuk (form utility)
Bisnis yang berusaha merubah suatu benda menjadi benda lain dengan bentuk yang berbeda sehingga lebih bisa bermanfaat bagi manusia. Misalnya bisnis meubel, gentng, roti, garment.’

b. Kegunaan tempat (place utility)
Bisnis yang memindahkan sesuatu dari satu tempat ke tempat lain yang lebih bermanfaat, bergerak di bidang transportasi, baik itu angkutan manusia, angkutan barang, darat, laut, dan udara.

c. Kegunaan waktu (time utility)
Bisnis yang menjalankan usaha penyimpanan dengan tujuan agar barang dari suatu waktu apabila kurang bermanfaat maka disimpan terlebih dahulu, kemudian disaat lain akan dikeluarkan bila barang itu sudah lebih bermanfaat. Misalnya: Bulog, pergudangan di pelabuhan-pelabuhan.

d. Kegunaan pemilikan (posssession utily)
Bisnis yang menjalankan usahanya untuk menciptakan/memenuhi kegunaan pemilikan terhadap suatu barang/jasa. Contohnya: pertokoan, perdagangan.

Tujuan dan Manfaat Bisnis


Segala sesuatu tentunya memiliki tujuan, begitu pula dengan bisnis. Tujuan bisnis yang paling utama yaitu untuk mendapat keuntungan atau laba.

Tetapi sebenarnya bukan hanya profit yang dikejar oleh suatu perusahaan, diantara tujuan didirikan perusahaan diantaranya:

1. Keuntungan atau Profit
2. Pengadaan barang/jasa
3. Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
4. Full employment
5. Keberadaan perusahaan dalam jangka panjang
6. Kemajuan atau pertumbuhan
7. Prestise dan prestasi [4]

Pengertian TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi)

TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris ‘Information and Communication Technologies’, jika di singkat ‘ICT’ dapat di artikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian teknologi informasi dan komunikasi.

Kata teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani “technologia”, atau “techne” yang memiliki arti “keahlian” dan juga “logia” yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat di artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan lain-lain. [5]


Berikut ini pengertian TIK (Teknologi Informasi dan komunikasi) menurut par ahli:


  • Menurut Eric Deeson = Teknologi informasi & Komunikasi  adalah kebutuhan manusia didalam mengambil & memindahkan , mengolah & memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.


  • Menurut Susanto = Teknologi  Informasi & Komunikasi  adalah sebuah media / alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah. [5]

Manfaat TIK

  1. Mempermudah dan memperluas akses bahan pembelajaran;
  2. Meningkatkan mutu pembelajaran
  3. Mempermudah penyampaian materi pembelajaran dalam bentuk multimedia
  4. Meningkatkan profesionalisme guru
  5. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen, tata kelola, dan administrasi pembelajaran [6]


Perkembangan Bisnis TIK di Indonesia

Perkembangan bisnis TIK di Indonesia saat ini mengalami perkembang, banyak sekali teknologi yang dapat kita jumpai di keseharian kita. Misal nya jika kita pergi ke suatu tempat maka, kita akan menaiki kendaraan, kini untuk mencari kendaraan tidak perlu berjalan ke suatu tempat terlebih dahulu tapi, cukup di dirumah maka, kendaraan akan menjemput anda. Contoh teersebut adalah salah satu berkembangnya teknnologi di Indonesia dan hal tersebut dilirik oleh beberapa orang agar menjadikan TIK sebagai peluang dalam bisnis. Saat ini banyak perusahaan berbasis teknologi atau TIK di Indonesia seperti contohnya di bidang e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan sebagainya. Di bidang layanan publik ada seperti Go-Jek dan Grab.

Profile Perusahaan


Nama Perusahaan : PT Arkana Solusi Digital
Website                   : https://arkana.co.id
Telepon                   : 02127613630
Industry                  : Information Technology & ServicesCompany
Alamat                    : Victoria Hill Business Park No. 33 D, Jl. Tole Iskandar, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat (16431).
Didirikan                : 2018.
Spesialis                  : Odoo, Augmented Reality, ERP, Training, Mobile App, and IoT

PT Arkana Solusi Digital adalah startup digital yang berfokus pada pengelolaan dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam sebuah bisnis, menyediakan aplikasi bisnis, dan memberikan pelatihan seputar aplikasi yang dipakai oleh Arkana.

PT Arkana Solusi Digital bekerjasama dengan pemerintahan DKI Jakarta, Waroeng Steak & Shake, Tiket.com, Planet Ban, dll.


Daftar Pustaka

[1] https://www.nesabamedia.com/pengertian-bisnis/
[2] https://www.academia.edu/30574853/Jurnal_Pengantar_Bisnis_Ruang_Lingkup_Bisnis
[3] http://www.ambyaberbagi.com/2016/01/pengertian-bisnis-jenis-dan-macam.html
[4] https://www.yuksinau.id/bisnis-definisi-jenis-manfaat-tujuan-fungsi/
[5] http://www.pengertianku.net/2014/10/mengenal-pengertian-tik-atau-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html
[6] https://www.kompasiana.com/ansy/581c90b48423bdc913b0f819/manfaat-tik-pembelajaran?page=all

Jumat, 12 Juli 2019

Tutorial Membuat Game di Construct 2

Kali ini saya akan membuat tutorial membuat game dengan Construct 2, Construct 2 adalah aplikasi untuk membuat game dengan basis HTML 5 namun, kita tidak perlu memahami HTML 5 untuk membuat game karena, HTML 5 menggunakan logic untuk mengembangkan game tersebut.  Game yang saya buat pada tutorial kali ini adalah game space Shooter. Perlu diketahui tujuan dari game tersebut adalah menghindari pesawat yang kita kendalikan agar terhindar dari tabrakan meteor dan mengumpulkan poin dengan cara menembak meteor. 

Langsung saja ke pembuatan game nya, pertama adalah memasukkan asset yang di perlukan kedalam layout 0 dengan cara klik kanan pada tab "Layout 1"  lalu, klik "insert new object" maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :


Selanjut nya adalah kita pilih menu sprite untuk memasukkan gambar yang akan digunakan untuk objek yang dapat bergerak. lalu, ganti nama dari objek tersebut.

lalu, untuk memasukkan gambar yang kita pilih dengan klik icon open image pada tampilan berikut :


Buatlah background dengan cara diatas tetapi, pilih menu background bukan sprite.

Buatlah partikel ledakan dengan cara diatas dengan memilih menu partikel

Masukkan semua objek yang di butuhkan game tersebut, sehingga akan tampil seperti gambar di bawah ini :


Selanjutnya adalah menambahkan objek game over dengan cara mengklik icon "+" pada menu layers


Pastikan kita berada di layer 1 untuk menampilkan game over

lalu, masukkan objek game over yang ada di komputer ke dalam lconstruct 2, sehingga akan tampil seperti berikut ini :


Setelah itu atur propertis setiap objek seperti pesawat, meteor dan peluru dengan menambahkan behaviors seperti gambar berikut ini :

Tambahkan behaviors 8Direction untuk menggerakkan pesawat dan bullet untuk meteor dan peluru

Setelah propertis diatur, selanjutnya adalah membuat logic dari objek-objek yang telah dimasukkan kedalam layout. Caranya adalah dengan masuk kedalam tab Event Sheet seperti gambar dibawah ini :


Masukkan semua logic dengan menekan "Add Event" pada tab tersebut, sehingga seperti gambar dibawah ini :



Terakhir adalah uji coba game dengan tampilan berikut ini :


Untuk tutorial lengkap nya anda bisa melihat di video berikut ini : https://youtu.be/Kua6V_LdWAs


Jumat, 10 Mei 2019

Game Online dan AI

Game Online



Di zaman ini teknologi networking (jaringan) sangat dibutuhkan oleh banyak masyarakat karena, teknologi tersebut mampu membantu kita dalam beraktivitas sehari-hari sehingga dengan teknologi tersebut tidak ada lagi kendala jarak yang muncul dalam aktivitas kita. Contoh nya adalah komunikasi dengan orangtua di kampung, lebih mudah dan cepat menggunakan teknologi networking (jaringan) daripada harus menggunakan surat. Selain itu teknologi tersebut bisa diterapkan pada game, game yang menggunakan (berbasis) jaringan kini diminati oleh banyak orang terutama kalangan pemuda. Game berbasis jaringan atau yang sering kita kenal dengan game online memungkinkan user dapat berinteraksi langsung (secara real time) dengan user lain di dalam game yang sama. Game tersebut hanya dapat berjalan jika kita terhubung dengan jaringan, misalnya internet. Game online memberikan kenyamanan terhadap user nya karena, user tidak perlu berebut pandangan dalam satu monitor dengan user lain.

TIPE – TIPE GAME ONLINE

FPS adalah game Tembak-tembakan, pukul-pukulan, tusuk-tusukan yang menggunakan sudut pandang orang pertama. Biasanya kita hanya bisa melihat tangan dari character kita. Contoh game ini FPS adalah (Call of Duty, Counter Strike, Far Cry 3)

RTS (Real Time Strategy). Game ini biasanya bersifat turn based ataupun bisa dimainkan secara bersamaan, identik dengan bermain melawan human intelegent (manusia vs manusia) yang biasanya menggunakan LAN ataupun Internet. Game ini bisa dikatakan game perang-perangan. Contoh game RTS adalah (DOTA, StarCraft, Civilization)

RPG (Role Playing Game). Game ini memiliki unsur yang unik, karena biasanya tidak ada tamat dalam game seperti ini (Kalaupun tamat, hanya ceritanya saja, dan kalian masih bisa leveling atau grinding sesuka hati). Kalian akan menjalankan sebuah main character yang bisa kalian costumize, mencari uang, membangun koneksi dengan NPC (non playable player) dan sebagainya. Contoh dari game RPG adalah (KOA, Skyrim, The Witcher).

Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).

Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.

Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata.

Artificial Intelligence pada Game Online

Sebelum saya menjelaskan tentang AI (Artificial Intelligence) pada game online, saya akan menjelaskan definisi AI itu sendiri menurut beberapa pakar Ahli diantaranya :

"Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang –dalam pandangan manusia adalah– cerdas”
– H. A. Simon (1987)

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia”
– Rich and Knight (1991)

     Dari beberapa definisi diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa AI (Artificial Intelligence) / kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi komputer yang membuat sebuah mesin memiliki kecerdasan layaknya manusia. Begitu juga hal nya dengan Game yang memiliki AI di dalam nya, di buat layaknya manusia yang dapat bergerak dan mengambil keputusan nya sendiri.

      Saat saya belum mengenal AI (Artificial Intelligence) dan perkembangan AI belum memasuki dunia games, saya pernah berfikir bahwa NPC (Non Playable Character) yang ada saat itu masih bergerak sesuai pola yang dibuat oleh programmer, hal itu membuat saya dapat menebak pergerakan NPC tersebut. Karena saya mampu menebak pergerakkan NPC tersebut membuat saya sedikit bosan dan berfikir bahwa game tersebut sangat mudah dimainkan. Atau ketika saya bermain Mortal Kombat dengan NPC, setiap pergerakkan dan kemampuan yang dimiliki karakter NPC dapat di baca polanya, setiap kali NPC mengeluarkan serangan yang sama saya hanya menghindar dan menunggu pergerakkan nya berhenti baru saya dapat menyerang. Hal tersebut sangat membosankan dalam melawan NPC di game, saya berfikir bahwa suatu saat, di masa depan NPC dapat menentukan tindakkan nya sendiri tanpa ada nya pola yang diatur oleh programmer.

      Tetapi saat AI sudah ditanam dalam system game, pergerakkan NPC menjadi lebih leluasa untuk menjelajahi map tanpa ada pola yang mengatur pergerakkan nya dan kini NPC dapat membuat sebuah strategi sederhana dengan kondisi yang berbeda beda. Walau tidak banyak game yang seperti ini, saya akui bahwa saat ini Industri Game sudah berkembang dari sebelumnya. Bahkan banyak game engine yang menawarkan System AI pada NPC, hal tersebut dapat membantu programmer lebih cepat dalam memasukkan AI ke dalam game nya.

Selanjutnya saya akan membahas dua buah game yang berbasis jaringan dan konsep AI yang ada pada kedua game tersebut berikut ini ulasan game online dari saya :

League of Legends


League of Legends atau LoL merupakan sebuah game online bertema unik yang merupakan gabungan antara RGP dan RTS. Game besutan RIOT GAMES yang di kembangkan pada tahun 2009, dan memiliki komunitas game yang banyak di dunia. Game tersebut dalam kategori MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dimana seluruh pemain yang terlibat dalam suatu pertempuran di bagi menjadi dua tim dan masing-masing user dapat memilih karakter nya masing-masing yang memiiki keunikan tertent, karakter yang ada di LOL biasa disebut "Champion". Secara umum yang membuat game ini begitu menantang adalah pilihan champion yang begitu beragam. Tak kurang dari 100 champion yang siap dimainkan, bahkan angka tersebut akan terus bertambah seiring versi pembaruan gam. Selain itu sebagai game bergenre MOBA , LoL tentunya dapat dimainkan dalam berbagai mode seperti PvP, adu team 3v3 hingga mode latihan dengan AI Bot mode. Selain itu yang membuat game ini tak pernah sepi pemain adalah sang pengembang game sangat sering merilis versi pembaruan serta rutin mengadakan turnamen offline bahkan hingga tingkat dunia.

konsep AI


pada game tersebut terdapat mode yang memungkinkan kita dapat melawan tim AI atau bermain dengan AI. Pada mode tersebut kita dapat melawan AI yang dapat kita atur jumlah pemain, AI tersebut mampu bergerak sendiri, menyerang sendiri dan mengeluarkan skill yang di miliki champion tersebut tanpa di kendalikan oleh user. Namun AI tersebut memiliki batasan diantaranya tidak dapat membuat strategi dan tidak dapat melakukan tag team (menyerang secara berkelompok).

Selain itu, AI ditanamkan pada minions yang digunakan sebagai tentara bantuan bagi setiap tim yang dapat muncul dalam durasi tertentu sehingga dapat melawan champion lawan atau minions lawan, dan setiap gelombang dapat memanggil 12 buah minions yang dibagi menjadi 3 kelompok. AI juga ditanamkan pada creep atau musuh di hutan yang dapat menyerang lawan dalam radius tertentu.

Warframe




Warframe merupakan game online yang bertema luar angkasa, Cerita dari game tersebut kita akan bermain sebagai salah satu prajurit klan Tenno, sebuah klan kuno yang tertidur selama berabad-abad dan akhirnya terbangun kembali untuk berperang melawan Grineer, ras humanoid yang di kloning dan memiliki kemampuan militer yang kuat dan Corpus yang memiliki pasukan robot serta Infested yang merupakan korban dari virus Technocyte. Game ini membutuhkan jaringan internet agar dapat bermain secara solo atau multiplayer dan kita juga dapat memilih karakter yang sudah tersedia di dalam game tersebut. masing-masing karakter memiliki keunikan masing-masing dengan atribut yang berbeda pula. 

Didalam game ini kita akan menjalankan berbagai misi yang dapat kita pilih, misi tersebut bisa di jalankan sendiri atau bersama dengan teman (multi player). Setiap misi memiliki target atau tujuan yang berbeda-beda tergantung dari misi yang kita pilih seperti : menyelamatkan tawanan, mengembalikan item, bertahan hidup selama mungkin dan lainnya. Kadang ada juga misi dadakan yang akan muncul di tengah permainan. Masing-masing misi memiliki reward yang berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan dari misi tersebut.

konsep AI


pada game tersebut memiliki AI pada musuh yang berada disekitar map, jadi ketika player mendekat atau terdeteksi atau menyerang musuh, maka musuh tersebut akan merespon nya dengan menyerang player dengan senjata yang mereka miliki.




Sumber :

- nikenannisa (28 Juni 2016). Game berbasis jaringan. diperoleh 11 Mei 2019, dari http://nikenannisa296.blogspot.com/ 
- M majid. Review Game League Of Legends. diperoleh 11 Mei 2019, dari https://www.maxmanroe.com/review-game-league-legends-indonesia.html
- Kevin Sutanto (13 November 2013)  Review Warframe – 3rd Person Shooter Gratis Dengan Tema Ninja di Luar Angkasa. diperoleh 11 Mei 2019, dari https://id.techinasia.com/review-warframe-space-ninjas-nuff-said
- Unknown. League of Legends. diperoleh 11 Mei 2019, dari https://lol.garena.co.id/info-game/cara-memulai/apa-itu-lol

Selasa, 19 Maret 2019

Teknologi dan AI pada Game

     Teknologi semakin hari makin terlihat jelas perkembangannya, begitu juga dengan teknologi game yang di gunakan. Jika kita melihat masa lalu kita dapat menemukan sebuah konsol (perangkat) game terbuat dari komputer yang super besar bentuk fisik nya namun, memiliki kualitas gambar yang tidak sesuai dengan bentuk fisik komputer tersebut. Namun zaman ini banyak konsol game berukuran kecil namun memiliki kualitas yang bagus bahkan mendekati real. Berikut ini teknologi konsol game dari masa ke masa :

Generasi Pertama

      Pertama kali diciptakan oleh A.S. Douglas pada tahun 1952 di University of Cambridge yaitu TicTacToe yang diprogram pada komputer EDSAC dengan teknologi komputer Vaccum Tube. Setelah kemunculan game TicTacToe berbagai jenis game bermunculan seperti : Pada tahun 1961, Steve Russel membuat game bernama Spacewar dengan komputer mainframe MIT PDP-1 yang biasa digunakan untuk perhitungan statistik. 
      
      Lalu, pada tahun 1972 perangkat khusus untuk game yang dapat terhubung dengan televisi (Magnavox Odyssey ) yang diciptakan oleh perusahaan Magnavox dengan game buatannya yaitu Pong. Setelaah itu pada tahun 1975, Magnavox tidak lagi menjual perangkat tersebut karena, mereka telah memperkenalkan konsol game yang menggunakan microprosessor yang menjadi cikal bakal teknologi game generasi kedua.


Generasi Kedua

      Pada tahun 1976, teknologi game dengan menggunakan microprosessor mulai di perkenalkan dengan adanya VES ( Video Entertainment System) yang dibuat oleh Fairchild selain itu, ada konsol game lainnya yang terkenal pada zaman tersebut diantaranya : Magnavox Odyssey versi 2, Attari 2600, dan Attari 5200.

      Pada tahun 1980, Atari 2600 digunakan sebagai konsep dasar perkembangan konsol game di perusahaan lainnya. Generasi kedua ini juga ditandai dengan game Arcade 3D pertama keluaran Atari yaitu Battlezone, Pac-Man keluaran Namco, Game & Watch seri video game-handheld keluaran Nintendo, dan juga APF yang mengeluarkan Imagination Machine yang merupakan add-on komputer untuk video game rumahan APF MP-100 dimana semua game tersebut menggunakan teknologi gambar 8 bit.


Generasi Ketiga

      Pada tahun 1983 FAMICOM (Nintendo) merilis konsol game dengan nama NES (Nintendo Entertainment System) yang dapat menampilkan gambar dan animasi dengan resolusi tinggi dengan game yang paling terkenal adalah Super Mario.

      Pada generasi ini keamanan terhadap game sudah dipikirkan untuk menghindari dari pembajakan. Untuk itu, Nintendo merilis sebuah chip pengaman pada cartridge game mereka, sehingga seluruh game yang akan dirilis harus dengan seizin Nintendo


Generasi Keempat

      Pada tahun 1988, teknologi dalam bidang konsol game mengalami perkembangan mulai dari sisi grafis yang menggunakan teknologi 16 bit, perubahan pada gameplay, dan sound system dalam game konsol.

      Perkembangan ini dibuktikan dengan hadirnya perusahaan game pesaing Nintendo yaitu SEGA yang mengeluarkan produk konsol game buatannya yaitu Sega Mega Drive yang mendukung teknologi pada masa itu dan game buatannya yang terkenal Sonic the Hedgehog.


Generasi Kelima

      Pada tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol game yaitu Atari Jaguar yang menyaingi kecanggihan SNES dan Mega Drive. Pada masa tersebut Atari Jaguar sudah mendukung teknologi gambar 64 bit namun, karena sulitnya menggunakan konsol tersebut akhirnya Atari Jaguar kalah saing dengan perusahaan konsol game terbaru yang dibuat oleh Sony yaitu Playstation 1 dengan teknologi gamabar 32 bit. Sony menggunakan CD sebagai media penyimpanan untuk game nya.

     Pada akhirnya konsol game dengan menggunakan CD/DVD sebagai media penyimpanan game semakin laris dan Sony pun mengeluarkan produk terbaru nya pada tahun 2000 dengan konsol game bernama Playstation 2.


Generasi Keenam

      Pada tahun 2006, konsol game mulai mengalami perubahan dari segi grafis yang tinggi hinga mendekati real, dilengkapi dengan motion sensitive sehingga pengguna dapat menkontrol game nya dengan memiringkan atau memutar konsol game, terhubung dengan internet, dan masih banyak fitur lainnya dari segi perangkat maupun software yang digunakan terus berkembang hingga saat ini


Game Engine (Unity)


      Seiring berkembangnya zaman dalam industri game, diperlukan sebuah metode untuk membuat game dengan cepat dan praktis serta memiliki teknologi yang terus berkembang. Untuk tujuan tersebut Game Engine dibuat, biasanya game engine di lengkapi oleh fitur seperti : Rendering, Scripting, Platform, Assets Store dan lain lainnya. Salah satu game engine yang akan saya bahas di sini adalah UNITY.

      Unity merupakan salah satu game engine yang banyak digunakan pada saat ini yang dibangun oleh Unity Technologies pada tahun 2004 oleh David Helgason, Nicholas Francis, dan Joachim Ante. Unity menyediakan fitur pengembangan game dalam berbagai platform, yaitu Unity Web, Windows, Mac, Android, iOS, XBox, Playstation 3 dan Wii. Dan kabarnya, Unity akan merilis versi berikutnya dengan dilengkapi platform Flash.

     Versi gratis unity menyediakan fitur pengembangan game berbasis windows, standalone mac, dan web. Sedangkan untuk platform lainnya diperlukan lisensi khusus. Unity pro juga menyediakan beberapa fitur lebih jika dibandingkan unity free, misalkan adalah efek bayangan pada objek dan efek water yang lebih memukau. Dalam unity disediakan berbagai pilihan bahasa pemrograman untuk mengembangkan game, antara lain JavaScript, C#, dan BooScript. Namun meskipun disediakan tiga bahasa pemrograman, kebanyakan developer menggunakan JavaScript dan C# sebagai bahasa yang digunakan untuk mengembangkan game mereka. Unity Mensuport pembuatan game 2D dan 3D, namun lebih ditekankan pada 3D. Pengembangan game lebih ditekankan pada desain dan tampilan visual daripada pemrograman. Unity memiliki beberapa versi, diantaranya Unity 3.x, Unity 4.x, Unity 5.x dan Unity 2017.x.

Fitur-fitur :

Rendering
Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen post-processing effects.[4]
Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user interface Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan fitur dan performa.

Scripting
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.

Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.

Platforms
Unity support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang didukung.
Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, IOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
Rencana platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.

Asset Store
Diluncurkan November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.

Physics
Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.



Desain Skenario dan Script


      Desain biasa di terjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur dan berbagai pencapaian kreatif lainya. Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa sesuai dengan yang diinginkan. Skenario game sendiri artinya membuat sebuah alur cerita dari game tersebut dari awal hingga akhir dari game tersebut. Dengan adanya skenario game dapat membuat daya tarik dari game tersebut.

      Naskah atau script dalam pemrograman komputer adalah sebuah program atau intruksi yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer prosesor. Script adalag semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi kompilasi interpreter, skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu. Skrip merupakan kumpulan sintaks pemrograman yang siap untuk di-compile. Macam - macam skrip : PHP, ASP, Java Script, Java Apples, VB Script. Ruby, Python, dan lain lainnya.


Artificial Intelligence pada Game


      Sebelum saya menjelaskan tentang AI (Artificial Intelligence) pada game, saya akan menjelaskan definisi AI itu sendiri menurut beberapa pakar Ahli diantaranya :

"Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang –dalam pandangan manusia adalah– cerdas”
– H. A. Simon (1987)

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia”
– Rich and Knight (1991)

     Dari beberapa definisi diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa AI (Artificial Intelligence) / kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi komputer yang membuat sebuah mesin memiliki kecerdasan layaknya manusia. Begitu juga hal nya dengan Game yang memiliki AI di dalam nya, di buat layaknya manusia yang dapat bergerak dan mengambil keputusan nya sendiri.

      Saat saya belum mengenal AI (Artificial Intelligence) dan perkembangan AI belum memasuki dunia games, saya pernah berfikir bahwa NPC (Non Playable Character) yang ada saat itu masih bergerak sesuai pola yang dibuat oleh programmer, hal itu membuat saya dapat menebak pergerakan NPC tersebut. Karena saya mampu menebak pergerakkan NPC tersebut membuat saya sedikit bosan dan berfikir bahwa game tersebut sangat mudah dimainkan. Atau ketika saya bermain Mortal Kombat dengan NPC, setiap pergerakkan dan kemampuan yang dimiliki karakter NPC dapat di baca polanya, setiap kali NPC mengeluarkan serangan yang sama saya hanya menghindar dan menunggu pergerakkan nya berhenti baru saya dapat menyerang. Hal tersebut sangat membosankan dalam melawan NPC di game, saya berfikir bahwa suatu saat, di masa depan NPC dapat menentukan tindakkan nya sendiri tanpa ada nya pola yang diatur oleh programmer.

      Tetapi saat AI sudah ditanam dalam system game, pergerakkan NPC menjadi lebih leluasa untuk menjelajahi map tanpa ada pola yang mengatur pergerakkan nya dan kini NPC dapat membuat sebuah strategi sederhana dengan kondisi yang berbeda beda. Walau tidak banyak game yang seperti ini, saya akui bahwa saat ini Industri Game sudah berkembang dari sebelumnya. Bahkan banyak game engine yang menawarkan System AI pada NPC, hal tersebut dapat membantu programmer lebih cepat dalam memasukkan AI ke dalam game nya.

Berdasarkan buku yang ditulis Ian Millington dan John Funge, Teknik yang diperlukan dalam membuat game menjadi cerdas adalah dengan membuat NPC dapat bergerak dengan bebas tanpa ada pola yang ditetapkan programmer kecuali batasan yang bisa di tempuh NPC tersebut, dapat mengambil keputusan sendiri dan dapat belajar dari pengalaman.

Movement
      Pada beberapa game yang mengusung tema petualangan sudah hal dasar bagi game tersebut memiliki NPC yang dapat bergerak mengikuti alur/pola yang telah ditentukan. Dengan adanya AI dalam game tersebut dapat memungkin kan NPC bergerak sesuai pola yang ditentukan atau bebas bergerak sepanjang jalur yang di sediakan dalam game tersebut.


Pathfinding
      Pathfinding merupakan teknik yang digunakan agar NPC dapat membatasi pergerakkan nya sesuai perintah yang di terimanya. Dalam hal ini pathfinding merupakan perpaduan antara Decision Making dan Movement. Misalnya pada sebuah permainan, dimana NPC diperintahkan untuk berjaga di suatu lokasi oleh pemain maka, NPC akan berjalan di sekitar titik yang ditentukan oleh pemain. Hal tersebut salah satu fungsi dari teknik pathfinding dalam game berbasis AI.

Decision making
     Sebuah game dikatakan memiliki AI jika NPC nya dapat mengambil keputusan sendiri. Hal tersebut hanya bagian terkecil dalam sebuah game yang berbasis AI karena, AI tidak hanya sekedar mengambil keputusan saja tapi mengolah informasi yang di dapat untuk mengambil keputusan guna untuk membuat strategi dan mempelajari hal yang di lakukan oleh lawan nya dan masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan AI untuk menciptakan game yang hebat.

Tactical & Strategic
      AI digunakan untuk membuat NPC dapat mengambil keputusan yang kemudian, di olah menjadi informasi untuk digunakan sebagai Taktik dan Strategi yang harus di lakukan oleh NPC tersebut. Namun, penulis mengatakan bahwa tidak semua jenis game dapat menggunakan AI dan AI harus dibatasi dalam setiap permainan. Contoh dalam game dengan genre FPS (First Person Shoot), di dalam game tersebut NPC ditugaskan untuk menembaki pemain. Jika AI di pasang dalam NPC tersebut maka, NPC tersebut akan membuat sebuah strategi berdasarkan pengalaman nya dan hal tersebut akan membuat tingkat kesulitan game tersebut bertambah dengan sendiri nya. Hal yang paling buruk adalah membuat pemain menjadi stress untuk menghadapi NPC tersebut.

Learning
      Learning dalam game diperlukan untuk NPC agar dapat mempelajari gerakan, strategi, dan pola permainan dari pemain lain sehingga dapat menunjang NPC untuk mengambil keputusannya sendiri untuk menghadapi pemain tersebut seperti membuat strategi dan memutuskan sebuah penyelesaian masalah.



Daftar Pustaka :


[1] Millington, Ian dan John Funge. 2009. "Artificial Intelligence for Games : second edition". Burlington: Morgan Kaufmann Publishers.

[2] Roedavan, Rickman. 2016. "Unity Tutorial Game Engine". Bandung: Informatika.

[3] https://www.academia.edu/26064884/Unity_3D_Game_Engine

[4] https://unity.com